Bupati Buka Raker Konservasi dan Revitalisasi Danau Tondano

Rakor Konservasi dan Revitalisasi Danau Tondano di aula SMK Negeri I Tondano.
Rakor Konservasi dan Revitalisasi Danau Tondano di aula SMK Negeri I Tondano.
Rakor Konservasi dan Revitalisasi Danau Tondano di aula SMK Negeri I Tondano.

TONDANO, MANADONEWS – Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajow, membuka Rapat Kerja mengenai Konservasi dan Revitalisasi Danau Tondano, pada Rabu (10/8), di Aula SMK Negeri I Tondano.

Raker yang turut dihadiri Anggota Komite II DPD RI Marhany VP Pua, Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng, dan sejumlah Pejabat Pemkab Minahasa ini, menampilkan Narasumber Kabid Danau Situ Embeng Pusat Bendungan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Bob Lombogia dan Mimi Nurdia, dari Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Bupati JWS megharapkan adanya kerjasama dengan Pemerimtah Pusat agar dapat mengurangi beban masalah Danau Tondano.

“Danau Tondano adalah danau yang indah, penyokong kehidupan masyarakat Minahasa agar tetap lestari dan tepelihara,” kata Bupati.

Baca Juga:  Terapkan Protokol COVID-19,Tiga Jabatan Asisten Danlantamal VIII Dikukuhkan

Sementara Anggota DPD RI Marhany Pua menyampaikan bahwa Danau Tondano masuk dalam 15 Danau kritis di Indonesia yang perlu mendapatkan penanganan khusus.

“Pertemuan ini kiranya mendapatkan banyak informasi untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat lewat Anggaran yang dapat menopang revitalisasi Danau Tondano karena Danau Tondano menjadi sumber energi dan sumber kehidupan ekonomi bagi masyarakat,” kata mantan Ketua Komisi Pemuda Sinode GMIM selama 2 periode berturut-turut ini.

Turut memberikan tanggapan dalam Raker ini Kaban Lingkungan Hidup Alva Montong, Kadis Kehutanan Wenny Talumewo, dan Kaban Bapelitbangda Jacky Walukouw.

Fransiscus

Pos terkait