Mor Tinjau Bencana Banjir Lokasi Galian C Pal 2 Disuruh Tutup

fb_img_1474950628408

MANADONEWS- Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE.SH STH, dibuat geram saat melakukan peninjauan lokasi banjir yang ada di Kelurahan Pal 2 Kecamatan Pal 2.

Pasalnya, pada saat peninjauan itu ditemukan puluhan rumah terendam banjir akibat pengerukan galian C milik pengusaha abal abal yang ada disamping terminal Liwas.

Data yang diperoleh akibat pengerukan itu, puluhan rumah serta satu gereja pantekosta Nafiri dindingnya terendam air setinggi satu meter dari atas lantai.

“Akibat pengerukan proyek milik pengusaha kami kena banjir,”ucap ibu Ida sambil menangis.

Menurut mereka, kami sangat berharap agar Pemerintah Kota menindak tegas oknum kontraktor proyek galian C yang telah merusak lingkungan

“Kalau galian C ini tidak ditindak maka kamilah masyarakat yang akan bertindak keras,”ancam warga setempat

Camat Pal 2 Reyn Heydemans SE MSI membenarkan adanya proyek pembangunan galian C yang berakibat fatal bagi masyarakat termasuk penyebab banjir.dilokasi tersebut

“Kami tinggal menunggu petunjuk apakah akan dihentikan atau diteruskan,” ucapnya

Sementara itu Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan mengatakan, semua proyek atau apa saja yang berhubungan dengan perijinan yang merugikan masyarakat untuk sementara dipending dulu sambil melihat kelengkapan berkas.

Baca Juga:  Pemkot Tomohon Gelar Seleksi Terbuka Pimpinan Tinggi Pratama

“Khusus yang ada di Pal 2 galian C itu harus ditutup dulu sebab dampaknya adalah merugikan lingkungan masyarakat,”pungkasnya.

Usai dari Liwas Wakil Walikota melakukan peninjauan lapangan termasuk memantau infrastruktur jalan yang mengalami kerusakan yang ada dikelurahan Pal 2 dan Ranomut.

Ikut hadir dalam kunjungan tersebut Kadis Sosial Drs Frans Mawitjere, Kadis Kebersihan JO Ohlers SH, Kadis BPLH Drs Heri Saptono serta para Lurah dan Kepala Lingkungan.

(Onal Gampu)