TOGA Mitra Masuk 3 Besar Tingkat Nasional

fb_img_1475246572332
Sekdakab Mitra Farry Liwe dan Kadis Kesehatan Mitra dr. Rinny Tamuntuan saat bertatap muka dengan Dirjen Kemenkes

RATAHAN, MANADONEWS – Tanaman Obat Keluarga (TOGA)  di pekarangan untuk mengatasi penyakit sebelum dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit di Minahasa Tenggara (Mitra) masuk tiga (3) besar penilaian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia .

“Mitra telah berhasil masuk dalam tiga besar penilaian dari dirjen Kemenkes untuk pemanfaatan pekarangan dengan  tanaman Toga,”  terang Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Mitra dr Rinny Tamuntuan.

Dikatakannya, selain ada di tiap pekarangan rumah warga, di Pasan khususnya di desa Tolombukan, para ibu-ibu juga langsung mempraktekan cara pembuatan dan penanganan dini terhadap penyakit yang diderita oleh masyarakat sebelum dibawa ke Rumah Sakit atau Puskesmas.

“Ini merupakan  kebanggaan karena pemanfaatan TOGA di Minahasa Tenggara telah berjalan dengan baik, khususnya di Desa Tolombukan,”  tambah Rinny.

Rinny juga mengungkapkan tim penilai gabungan tersebut berasal dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes, Kemendagri, serta Pusat Informasi Kesehatan.

Sementara itu tim penilai yang dipimpin Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Meinarwati, yang diterima langsung oleh Sekda Farry Liwe.

“Tentunya ini merupakan prestasi yang membanggakan, apalagi dengan kebijakan pemerintah daerah saat ini yang lebih memberdayakan peran masyarakat termasuk dalam pengembangan obat tradisional bagi keluarga,” ujarnya.

Diketahui Mitra menjadi wakil Provinsi Sulut pada penilaian Toga tingkat nasional.

(Robby)

Baca Juga:  Teranyar Hasil Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa di Mitra