Kasatlantas Sebut Zero Point Biang Kemacetan

  • Whatsapp

fb_img_1476423536906

MANADO,MANADONEWS- Setelah sukses dengan program One Way, kini Pihak Dirlantas Polda Sulut bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Manado, berencana akan membuat terminal bertingkat dan jembatan penyebrangan di perempatan tugu zero point, Jalan Sam Ratulangi.

Informasi yang diperoleh ini dilakukan karena diarea tersebut merupakan biang kemacetan sehingga Pemerintah berencana membangun kawasan itu lebih bagus sebab merupakan lima rencana besar untuk menuju smart city.

Dan rencana itupun  telah terkonsep mulai dari manajemen lalulintas, pemantauan kemacetan lewat satelit, dan rekayasa lalulintas.

“Program one way ini terbilang sukses karena bisa mengurangi 17 titik kemacetan menjadi 10 titik,” ucap Kasat Lantas Polresta Manado, Kompol Roy Tambajong

Tak pelak melihat kondisi Kota Manado yang makin hari semakin macet, maka kemungkinan besar tuggu zero point akan di pindahkan. Sebab nantinya akan ada terminal bertingkat, dan tuggu tersebut akan berubah menjadi konsep menara eifel seperti yang ada di France

“Disitu nantinya akan ada jembatan penyebrangan akan memberikan perlindungan bagi penumpang serta menciptakan terminal yang nyaman,” koar Kasat.

Selain itu katanya kendaraan angkot itu akan memiliki jalur tersendiri, tidak akan disatukan dengan kendaraan pribadi. Sehingga masalah kemacetan akan berkurang. 

“Kami hanya mengusulkan, yang akan menjadi program ini adalah pemerintah Kota demi kenyamanan bersama,” tukasnya

Sementara itu Kabid Dinas Lalulintas dan Angkutan Jalan Raya (DLLAJ), Dinas Perhubungan Donald Willar sangat mendukung rencana tersebut.

“Memang daerah tersebut butuh terminal, sebab selama ini penumpang kesulitan apalagi ketika musim penghujan datang. Dan rencana yang luar biasa itu mudah – mudahan kedepan akan terlaksana sesuai apa yang diharapkan,”ungkapnya

Selain itu katanya, rencana tersebut perlu pembahasan bersama sehingga tidak akan ada halangan dalam pelaksanaan. Apalagi pertumbuhan kendaraan di Kota Manado semakin hari semakin meningkat. 

“Rencana ini sangat bagus dan perlu didukung oleh seluruh element masyarakat,”pungkasnya

Baca Juga:  ROR - RD Sambut Gembira atas Sembuhnya Satu Warga Minahasa dari Positif Covid-19

 

(Onal Gampu)

Pos terkait