Gamki Sulut Ajak Pemuda Gali Wawasan Kebangsaan Menghadapi Pilkada

  • Whatsapp
Dialog kebangsaan yang diprakarsai oleh Gamki Sulut dan GMM dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88.
Dialog kebangsaan yang diprakarsai oleh Gamki Sulut dan GMM dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88.
Dialog kebangsaan yang diprakarsai oleh DPD Gamki Sulut, DPC Gamki Minahasa, dan GMM dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88.

TONDANO, MANADONEWS – Seiring dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulut, DPC GAMKI Minahasa, Gerakan Minahasa Muda (GMM), pada Jumat (28/10), di ruang rapat KPU Minahasa, mengajak para tokoh Pemuda untuk duduk bersama menggali dan menuangkan wawasan kebangsaan dalam dalam suatu dialog terbatas, dengan tema harmoni sosial-politik kebangsaan menyongsong tahapan Pilkada Minahasa 2017-2018.

Bekerja Sama dengan KPU Kabupaten Minahasa, Pers Minahasa (PersMin), KNPI Sulut, BPC GMKI Tondano, dan Gema Minahasa, kegiatan ini menghadirkan para nara sumber yang adalah tokoh pemuda, diantaranya Ketua DPD KNPI Sulut/ Wakil Ketua DPD GAMKI Sulut, bung Jackson Kumaat, Ketua KPU Sulut, Yessy Momongan, Ketua Bawaslu Sulut, bung Herwyn Malonda, Dandim 1302 Minahasa yang diwakili Pasi Intel Kapten Inf Gabril Saleh, Kapolres Minahasa diwakili Kasat Intel Iptu Jose Trisko, Kepala Kejaksaan Negeri Tondano diwakili Nurman Arhmadi dan lainya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Upacara HUT KORPRI, Sekkot Lolowang Sampaikan Pesan Presiden Jokowi

Dalam dialog ini membahas banyak hal, diantaranya tentang perkembangan kaum muda dan posisi kaum muda saat ini terkait peran dalam menghadapi Pilkada, tanpa mengesampingkan semangat kebangsaan sebagai pilar utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, dialog ini juga membahas tentang potensi konflik tahapan Pilkada, pengalaman pilkada serentak 2015, peran pemuda dalam pengawasan partisipatif, sengketa pilkada dan potensi konflik, identifikasi dini potensi ancaman radikalisme dan disharmoni dalam momentum politik, potensi konflik Pilkada dan proyeksi pengamanan Pilkada Minahasa, politik dan kesadaran hukum serta penegakan hukum dalam mewujudkan harmoni sosial politik, peran Pers dalam membangun harmoni di tengah rivalitas politik, pendekatan kultural mewujudkan harmoni sosial di tengah rivalitas politik, Pilkada dan kohesivitas sosial potensi kerawanan dan tawaran rencana aksi bersama.

Sementara itu terkait keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini, Ketua DPD GAMKI Sulut, Meidy Y Tinangon mengapresiasi seluruh undangan, panitia, maupun pembicara, atas dukungannya dalam dialog ini.

“Terlaksananya kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami semua. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih bagi nara sumber, ormas dan pemuda, pihak Pemerintah, Kepolisian, TNI dan rekan-rekan media, beserta undangan lainya, yang telah mendukung terlaksananya kagiatan ini,” ungkap Tinangon.

Baca Juga:  Pemkot Kotamobagu Tata Dana Anak Asuh Tahun 2020

Turut hadir dalam Acara dialog tersebut, Komisioner KPU Kabupaten Minahasa, Dicky Paseki, Wiesye Wilar, Kristoforus Ngantung, Lord CH Malonda, dan Meidy Malonda selaku Sekretaris KPU Minahasa.

Fransiscus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *