Bapeda tomohon gelar Perencanaan Pengembangan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp

img_20161129_185104

Suasana kegiatan.

Tomohon manadonews.

Produktivitas merupakan kunci pendorong vital dalam pertumbuhan ekonomi, yakni sebagai daya ungkit bagi pertumbuhan ekonomi nasional dalam jangka panjang maka dari itu Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mengadakan rapat koordinasi Perencanaan Pengembangan Ekonomi Masyarakat bersama dengan Badan Pusat Statistik Kota Tomohon bertempat ruang rapat Bappeda Selasa (29/11).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tomohon Ir Enos Pontororing Msi menyambut hangat kehadiran peserta rakor melalui Sekretaris Badan mengatakan nantinya melalui pelaksanaan kegiatan ini kita dapat menyerap bagaimana proses mengukur produktivitas total daerah Kota Tomohon, nantinya juga mendukung daya saing Kota Tomohon terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN(MEA).

Materi dibawakan oleh Denny Golioth SE dari BPS Tomohon tentang Produktivitas Total Daerah yaitu mengenal potensi ekonomi menurut sektor, perbandingan potensi ekonomi menurut sektor, pendekatan potensi ekonomi menurut konsumsi pengeluaran. PDRB(Produk Domestik Regional Bruto) adalah jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di wilayah suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Balas jasa faktor produksi yang dimaksudadalah upah dan gaji, sewa tanah, bunga modal dan keuntungan; semuanya sebelum dipotong pajak penghasilan dan pajak langsung lainnya. Dalam definisi ini PDRB mencakup juga penyusutan dan pajak tidak langsung neto. Unit-unit produksi tersebut dalam penyajian ini dikelompokkan menjadi sembilan lapangan usaha yaitu: pertanian peternakan, kehutanan dan perikanan; pertambangan dan penggalian; industry pengolahan; listirk,gas dan air bersih; konstruksi; perdagangan hotel dan restoran; pengangkutan dan komunikasi; keuangan, real estate, dan jasa perusahaan; jasa-jasa termasuk jasa pelayanan pemerintah. Dan cara menghitung Produktivitas Total Daerah yaitu Produktivitas Tiap Sektor dibagi dengan Angkatan Kerja Tiap Sektor.

Baca Juga:  Stadion parasmaya mulai di bangun.

Selanjutnya rapat koordinasi dilanjutkan dengan diskusi bersama. Tampak hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja Drs Daniel Pontonuwu, Kepala Badan Ketahan Pangan Vonny Pontoh, Kepala Bagian Pembangunan Royke Tangkawarouw ST MSi, perwakilan dari Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan serta staf pemerintah kota tomohon.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *