Pandeirot: Beberapa Cara Mengatasi Bencana Banjir

  • Whatsapp

MANADO, MANADONEWS- Kekawatiran masyarakat akan bencana banjir terdengar tidak asing lagi, karena bencana tersebut sering kali menimpa masyarakat dimana saja tanpa kecuali. Tidak mengenal apakah masyarakat di daerah Ibukota Negara, Ibukota Provinsi, Kota atau Kabupaten di negara kita Indonesia dan di negara-negara lainnya.

“Hujan deras yang berkepanjangan, menyebabkan bencana banjir yang tidak dapat di hindari, banjir yang merusak lingkungan, tempat tinggal dan perabotannya, sampai mengancam kesehatan karena banyaknya penyakit yang dapat menyerang dan kemungkinan terburuk mengancam keselamatan jiwa masyarakat,” ujar Ketua Umum LSM Waraney Puser In’Tana Toar Lumimuut John F.S Pandeirot

Bacaan Lainnya

Lanjut Pandeirot, “Apakah kita hanya bisa diam saja tanpa melakukan tindakan sedikit-pun dan membiarkan kondisi menjadi tidak sehat. Tentu tidak, karena itu kita harus bekerja sama dengan pemerintah yang telah bekerja keras selama ini untuk menanggulangi bencana banjir, sehingga kita harus mendukungnya untuk penanggulangan bencana banjir,” tandas Pandeirot yang didampingi Sekjen Maikel Worang SE dan Pangbes Stefan Voges Sh MH

Baca Juga:  Yusri Tegaskan Pansus Hak Angket KPK Sesuai UU MD3

Berikut ini ada beberapa 5 cara untuk penanggulangan bencana banjir :

1. Membuat fungsi sungai dan selokan dapat bekerja dengan baik. Sungai dan selokan adalah tempat aliran air sehingga jangan sampai tercemari dengan sampah atau menjadi tempat pembuangan sampah yang akhirnya menyebabkan sungai dan selokan menjadi tersumbat.

2. Melakukan reboisasi tanaman khususnya jenis tanaman dan pepohonan yang dapat menyerap air dengan cepat. Memperbanyak dan menyediakan lahan terbuka untuk membuat lahan hijau untuk penyerapan air.

3. Berhenti membangun perumahan di tepi sungai, karena akan mempersempit sungai dan sampah rumah juga akan masuk sungai.

4. Berhenti membangun gedung-gedung tinggi dan besar, karena akan menyebabkan bumi ini akan semakin sulit menahan bebanya dan membuat permukaan tanah turun.

5. Hindari penebangan pohon-pohon di hutan secara liar dan juga di bantaran sungai, karena pohon berperan penting untuk pencegahan banjir. Sebenarnya menebang pohon tidak dilarang bila kita akan menanam kembali pohon tersebut dan tidak membiarkan hutan menjadi gundul.

Baca Juga:  Dibuka Presiden Jokowi, Gubernur Sulut Hadiri Rakornas TPID

“Dengan melakukan cara penanggulangan banjir tersebut kita dapat mencegah bencana banjir. Karena selama ini pemerintah pun telah bekerja keras untuk mencegah terjadinya banjir, tetapi semua masyarakat pun harus mendukung agar semua bisa teratasi dengan baik,” terangnya (wulan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *