Vicky-Mor Launching Cerdas Comand Center, Suharyanto Sebut Paling Lengkap di Indonesia

  • Whatsapp

MANADO,MANADONEWS- Terobosan baru terus digulirkan oleh Pemerintahan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota.Mor Dominus Bastiaan. Bukti.konkrirnya,kedua pemimpin daerah yang berjiwa sosial ini membangun ruangan sebagai pusat kendali digital yang diberi nama,Cerdas Coment Center (C3)

Bukan hanya itu saja, sistim pengawasan kota cukup hanya dengan menatap layar monitor yang basar dan pengoperasianya dilakukan oleh para ahli tehknologi komputer dan operator IT dilaunching yang dipusatkan di Aula Kantor Walikota.

Tak pelak launching Cerdas Comand Center yang memonitor kondisi keadaan kota seperti, kebersihan, kemacetan,harga.bahan pokok,prakiraan cuaca dan gempa bumi serta memantau lalu lintas dan keamanan melalui CCTV itu mendapat aprasiasi yang besar dari warga Sulut maupun Kota Manado.

“Pembangunan Cerdas Comand Center (C3) adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menuju Manado Kota Cerdas 2021 dan Manado Smart City ,”ucap Walikota GS Vicky Lumentut.

Menurut Vicky, fungsi dari Cerdas Comand Center juga sebagai bentuk pengawasan kinerja SKPD dalam bentuk digital dengan cara mengawasi dan memantau seluruh permasalahan di kota manado sekaligus menindaklanjuti dan menyelesaikan permasalahan secara cepat dan efisien.

Baca Juga:  Ini Nama 10 Peserta Yang Tembus Passing Grade Tes CPNS Kotamobagu

“Comand center juga sebagai pusat integrasi data sebab selama ini sistim aplikasi yang dibangun pemkot daerah masih bersifat sektoral atau berjalan maaing masing.”tukasnya

Lebih jauh kata Lumentut, dengan hadirnya cerdas comand center ini.semua data dari berbagai perangkat daerah akan terintegrasi. Bukan cuma itu saja,cerdas comand center juga sebagai pusat informasi data yang dimiliki oleh pemerintah kota manado dapat diakses dan dilihat dicerdas comand center.

“Saya berharap hadirnya cerdas comand center akan memberikan dampak solutif bagi perkembangan pembangunan yang ada di Kota Manado. Bahkan para Kepala SKPD jangan gaptek untuk belajar IT sebagai wujud menuju smart city,” pungkasnya

Sementara itu Deputy II Persandian Nasional Brigjen Suharyanto mengungkapkan, kami beri apresiasi yang sangat besar buat Pemerintah Kota Manado yang sudah menghadirkan cerdas comand center yang terbaik dan paling lengkap di Indonesia.

“Kami akan melakukan Mou dengan Pemkot termasuk menjaga keamanan dari cerdas comand center ini,”pungkasnya

Kepala Dinas Komunikasi dan Indormatika Erwin Kontu menambahkan, software dari cerdas comand center ini terdiri at as tujuh konten berbasis aplikasi dan dua layanan informasi berbasi telekomunikasi yang dikemas dalam satu kalimat 9 smart solution yakni,qlue,Taupang,e-Goal, Si-Tasya, Si-Gita, Alama serta Ricca.

Baca Juga:  Dilantik Walikota GSVL, Wawali Tomohon Ketua KOMUDO Sulut

“Ada dua layanan informasi berbasis telekomunikasi yakni, kanal pemerintah kota mana lewat,FB,Twitter,WA,Call center dan Websit serta Radio komunikasi Posko Gagak atau save comunity,”tegas Kontu.

Ikut hadir dalam launching cerdas comand center tersebut, Sekot Drs Hj Rum Usullu, Dandim 1309 Letkol Infanteri Toar Pijoh serta para Kepala SKPD ,Camat dan Lurah se Kota Manado.

 

(LIPSUS, ONAL GAMPU)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *