Wujudkan Tata Pemerintahan Baik, Pemkot Gelar Rakor LPPD

Wakil Wali Kota Tomohon membuka Rakor LPPD Kota Tomohon.

TOMOHON, MANADONEWS – Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Tomohon, diselenggarakan di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Tomohon, pada Senin (27/2), dihadiri dan dibuka oleh Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan.

Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan dalam sambutannya mengatakan bahwa rakor ini untuk terwujudnya pelaksanaan otonomi daerah sejalan dengan upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab, serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien, sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Lanjut dikatakannya, Kepala Daerah mempunyai kewajiban memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepada DPRD, dan Informasi LPPD kepada masyarakat.
Informasi LPPD dimaksudkan untuk digunakan pemerintah sebagai dasar melakukan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) dan sebagai bahan pembinaan lebih lanjut sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan. Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah merupakan salah satu bahan evaluasi untuk keperluan pembinaan terhadap pemerintah daerah.

Baca Juga:  Tanamkan Jiwa Enterpreneur, Syafii Efendi Bekali Ilmu Bisnis Untuk Himpunan Mahasiswa Sulut

“Saya berharap agar semua peserta mengikuti rapat koordinasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga dapat memahami dan mengerti pentingnya Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang juga merupakan indikator untuk memperoleh penilaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Syske Wongkar, S.Pd, dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan Rapat Koordinasi Penyusunan LPPD Kota Tomohon ini untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang pentingnya LPPD.

“Komitmen SKPD dan keakuratan data yang diminta sangat penting dalam pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK) LPPD,” ujar Wongkar.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh narasumber dari Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Propinsi Sulawesi Utara, Kasubag Evaluasi Kinerja dan Pengembangan Kapasitas Daerah Danni Tamara, SSTP, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc, Asisten Bidang Perekonomian Ronni Lumowa, SSos. MSi, Asisten Bidang Umum Novi Politon, SE, serta para peserta masing-masing kepala SKPD bersama penyusun/pengelola LPPD tiap SKPD.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrim, Wali Kota Minta Warga Tomohon Waspada

Fransiscus

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3039 votes

This will close in 10 seconds