Petani Jagung Bolmong Dapat Bantuan Benih

  • Whatsapp

 

LOLAK,MANADONEWS,-.Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Pertanian akan menyalurkan bantuan 100 ribu ton benih jagung untuk petani di tahun 2017 ini.

Kepala Dinas ( Kadis ) Pertanian Bolaang Mongondow Taufik Mokoginta mengatakan,untuk tahun 2017 ini,petani di Kabupaten Bolmong akan mendapat bantuan 100 ribu ton benih jagung.

” Dengan adanya bibit ini,semoga tidak ada lagi lahan tidur,sehingga pendapatan petani bisa bertambah.Program ini saya langsung menghadap menteri “ujar Mokoginta.

Dalam penyaluran bantuan bibit tersebut,dinas Pertanian tidak memungut biaya dan dalam penyaluran diawasi oleh penyuluh pertanian di setiap wilayah kecamatan.

” Mereka ( penyuluh ) langsung mengawal.Jika ditemukan ada oknum yang hendak memperjual belikan bibit tersebut,akan berhadapan dengan hukum,karena kami sudah bekerja sama dengan Polres Bolmong “tambah Mokoginta.

Ketika ditemui sejumlah petani jagung di Kecamatan Lolak,mereka mengharapkan agar bantuan pemerintah ini bisa sampai ke petani.Selain itu, pengakuan dari beberapa petani,bahwa mereka tidak pernah mendapat bantuan bibit tersebut.

“Sejak dari dulu saya jadi petani,bantuan tidak pernah didapat,malahan saya harus pakai uang pribadi.Dikarenakan ada kelompok petani yang pilih kasih dalam proses penyaluran”ujar petani asal Desa Padang Kecamatan Lolak.

Baca Juga:  Wabup Talaud Tinjau Kegiatan Pencegahan Covid-19

Menurut data dari Dinas Pertanian Bolmong tahun 2016,luas tanaman jagung 71,650 hektar, luas panen 54,780 hektar, dengan hasil panen 204,877 ton.

Kepala Bidang Bina Produksi Tanaman Pangan, Holtikultura dan Aneka Tanaman Sahrul Dossa mengatakan,untuk produksi jagung di Kabupaten Bolmong tiap tahun meningkat.

” Hasil analisa Dinas Pertanian,setiap tahun mengalami peningkatan 5 persen.Hal ini dikarenakan perhatian pemerintah di bidang pertanian meningkat ” tutup Dossa.
( steven rapar )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *