Persaingan Tenaga Kerja Makin Tinggi

  • Whatsapp

 

Bitung, MN – Tingkat persaingan tenaga kerja untuk mendapatkan peluang pekerjaan di kota Bitung semakin tinggi. Ini bagian dari dampak mulai diberlakukannya Masyarakat  Ekonomi Asean (MEA) 1 Januari 2015 lalu.

Karena itu, Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri mengingatkan agar para tenaga kerja asli kota Bitung harus membekali diri dengan kemampuan dan kompetensi dalam berbagai bidang, agar dapat bersaing dengan para tenaga kerja asing yang mulai berdatangan ke kota Bitung.

“Era Masyarakat Ekonomi Asean yang mulai diberlakukan 1 Januari 2015 akan berimplikasi pada terbukanya persaingan tenaga kerja asing yang punya kompetensi internasional”, kata Mantiri ketika membuka bimbingan teknis Sertifikasi Standar Kompetensi Berbasis Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi pada angkatan kerja muda, di kota Bitung, Senin (10/4-2017).

Menurut Wakil Walikota Bitung, optimalisasi kompetensi tenaga kerja sebelum memasuki dunia kerja, adalah salahsatu bentuk antisipasi persaingan tenaga kerja menghadapi MEA.

Pemerintah Kota Bitung merespon tuntutan MEA dan berkomitmen membentuk Skill Labour yaitu membantu angkatan kerja muda untuk memiliki keahlian dan pemikiran yang bersifat global.

Baca Juga:  Apresiasi Pemerintah Pusat Lanjutkan Subsidi Listrik, Arthur Kotambunan Ingatkan Ini kepada Masyarakat

Mereka harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan bahasa asing, memahami nilai kearifan lokal dalam menyaring budaya negara lain yang dapat mempengaruhi budaya kita, serta menggalakkan pelatihan dan kompetensi untuk membantu tenaga kerja Indonesia khususnya di Kota Bitung,  sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja asing yang sudah terampil dan terlatih.

Wawali berharap bimtek peningkatan kompetensi tenaga kerja dapat kembali dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang. “Pasar kerja nasional dan internasional saat ini sedang menuntut tersedianya tenaga-tenaga kerja yang kompeten di setiap bidang”, tekannya.(Jef)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *