Yasti : Masalah Pt Conch Tunggu Kajian Tim Kementerian ESDM

  • Whatsapp

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Setelah melewati beberapa pertimbangan,akhirnya Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Bolaang Mongondow ( Bolmong ) melalui Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow membatalkan pembongkaran bangunan-bangunan yang ada di wilayah pertambangan Pt Conch yang berada di Desa Solog Kecamatan Lolak.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan,terkait pembongkaran bangunan dan penghentian operasional Pt Conch masih akan menunggu kajian uji kelayakan yang dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) di lokasi pertambangan semen tersebut.

” Yah,kita tunggu kajian Kementerian ESDM dahulu,baru diambil tindakan “ujar Yasti saat konfrensi pers di ruang rapat kantor bupati di Lolak,rabu ( 7/6 ).

Yasti menambahkan,pihak ESDM yang akan melakukan kajian di Pt Conch,saat ini sudah berada di Kabupaten Bolmong.

” Mereka sekarang sudah berada disini.Jika pihak Kementerian ESDM selesai melaksanakan kajian dan memenuhi syarat,maka akan direkomendasikan ke Gubernur Sulawesi Utara ( Sulut ) Olly Dondokambey.SE, mengenai bisa tidaknya dikeluarkan Ijin Usaha Pertambangan ( IUP ).Namun,jika tidak memenuhi kelayakan,maka Pemkab Bolmong akan melakukan tindakan” tambahnya.

Yasti menjelaskan,walaupun pihak ESDM merekomendasikan Pt Conch memenuhi persyaratan dan layak beroperasi,namun harus melengkapi berkas-berkas perijinan di Pemkab Bolmong.

Baca Juga:  PILGUB SULUT: Survei Online Cagub Sulut 2020, Olly Dondokambey Unggul 87 Persen

” Itu harus,karena ini wilayah Bolmong.Jadi,mereka harus patuh dengan peraturan yang dikeluarkan Pemkab Bolmong.Jika tidak,mereka jangan beroperasi disini” tandas Yasti.
( steven rapar )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *