Lahan Tidur di Bolmong Akan Dikenakan Pajak Progresif

 

 

BOLMONG,MANADONEWS,-..Satu lagi gebrakan yang akan dilakukan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow yang akan meninjau kembali pemberlakukan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Bolmong.

” Setiap lahan tidur di desa, akan dikenakan pajak progresif,juga lahan yang tidak ditanami akan diberlakukan pajak progresif tiga kali lipat “ujar Yasti .

Yasti menambahkan,untuk lahan yang masih kosong harus dipergunakan.

” Beri ke masyarakat agar mengolahnya jika tak dipakai,sehingga mereka ada pekerjaan dan bisa menambah pendapatan keluarga ” terangnya.

Sementara itu,Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong yang baru dilantik,Tahlis Gallang mengatakan indikator fiskal setiap daerah adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

” PBB merupakan hal paling potensial disini,apalagi wilayah Bolmong sangat luas.Oleh karena itu kita harus optimalkan.Saya akan mendata ulang dan menghitung kembali Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) ” ujar Tahlis pasca pelantikan,Kamis (8/6).

Lanjutnya,masalah klasik yang terjadi di daerah yakni nilai NJOP yang berlaku merupakan data tak terbaharui yang diserahkan ke KPP Pratama.

Baca Juga:  Berita Foto: Pohon Tumbang Dijalan Diponegoro

” Jika diverifikasi kembali,NJOP pasti meningkat.Sedangkan menurut aturan, pengelolaan tak boleh tiga kali dari NJOP. Nilai jual masyarakat pun tak sesuai,dan ketika NJOP naik, otomatis PBB akan naik “tandas Sekda.
( steven rapar )