Mangindaan Sambut Baik Presiden Lantik UKP-PIP

Jakarta, manadonews – Wakil ketua MPR RI EE.Mangindaan menyambut baik langkah Presiden RI Joko Widodo melantik Para Pengarah dan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila atau yang disingkat dengan (UKP-PIP).

Mangindaan mendorong UKP PIP lebih mengutamakan toleransi antarumat beragama. Apalagi di UKP PIP  ini terdapat para tokoh yang mewakili unsur agama. Sehingga diharapkan dapat memperkuat komitmen antarumat beragama.sebelumnya, kata Gubernur Sulut 1995-2000 Presiden sudah konsultasikan bersama MPR dengan mengajukan materi awalnya bernama badan pengawal Pancasila, kemudian badan pembinaan pancasila. Tapi akhirnya terbentuk UKP-PIP.
“Sekarang kita sudah terganggu dengan intoleransi dan
solidaritas sudah luntur. Jadi perlu ada sinergi antara pemerintah dan MPR,” katanyanya usai sosialisai MPR bersama Kesbang Pemkot Manado di ruang Serbaguna Pemkot Manado, Kamis(8/6).
Acara sosialisasi MPR RI di hadiri Walikota Manado dan Wakil Walikota, seluruh staf Kesbangpol, seluruh Camat di Pemkot Manado, tokoh masyarakat, tokoh Agama danlainnya.
Sejauh ini kata Lape sapaan akrabnya mantan Menhub era Presiden SBY
mendorong agar tim UKP-PIP ada komitmen dengan tokoh agama dan Adat, Karna panutan di masyarakat, tambahnya. “Nantinya lebih di utamakan toleransi beragama. Jadi tersambung semuanya antara formal dan informal,” katanya. Yang pasti dengan cara tersebut bisa melawan radikalisme. Lape mengaku kerukunan, toleransi masyarakat Manado tidak perlu di ragukan. Namun di era globalisasi sekarang terjadi dimensi kebangsaan dan tantangan kehidupan. Sehingga harus diwaspadai bersama seperti, intoleransi, SARA, Makar dan sparatisme.
“Itu tantangan yang harus kita sikapi bersama. Tugas MPR terus melakukan sosialisasi 4 Pilar,” kuncinya.(zal)

Baca Juga:  Lumintang Jabat Koordinator JIPS 2019-2021