Tarik Wisatawan,Makanan Khas Bolmong di Filmkan

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Untuk memajukan sektor pariwisata,Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pariwisata dan Kabudayaan (Disparbud) bersama Balai Pelestarian Budaya Nasional Manado,bekerja sama membuat Lima film Dokumenter Makanan Khas Bolmong pada beberapa waktu yang lalu.

Melalui film dokumenter ini makanan khas tersebut dipromosikan agar bisa dikenal sampai ditingkat nasional bahkan internasional.

Kepala Dinas (Kadis) Parbud Bolmong Ulfa Paputungan mengatakan, pihaknya dan Balai Pelestarian Budaya Nasional telah membuat film dokumenter mengenai makanan khas Bolmong.

” Pembuatan film dokumenter itu sudah dilakukan dan dilaksanakan selama sehari penuh oleh tim dari Balai Pelestarian Nasional Manado. Pengambilan gambar dilakukan pada lima jenis makanan, yakni Sinandoi, Sayur Yondog, Sinambedak, Ginolagak dan Balukut “ujarnya

Dirinya menjelaskan, selain makanan khas bolmong, ia juga berencana akan membuat film dokumenter tentang pengobatan tradisional yang ada di bolmong.

” Saat ini baru di Wilayah Lolayan yang kami temukan tempat berobat tradisional yaitu Monibi, untuk wilayah Passi nanti akan kami koordinasikan dengan pemerhati budaya bolmong Bapak Hairun Mokoginta untuk pembuatan film dokumenter itu “bebernya.

Baca Juga:  Rapat Bersama Kementerian, Bupati Minahasa Turut Beri Masukan

Seperti diketahui, pengobatan tradisional Monibi ini adalah pengobatan yang bersifat gaib dan hanya bisa dilakukan oleh orang yeng memiliki bertalenta,serta kemampuan spiritual. Orang tersebut nantinya akan mengobati orang sakit dalam keadaan kerasukan.
( stvn )