GMC Komunitas Driver Online Manado Sukses Gelar Gathering

Para anggota GMC saat menghadiri Gathering pada Kamis, 20 Juli 2017 (foto: Ist)

MANADO, Manadonews.co.id – Perkembangan jasa transportasi berbasis online (aplikasi) di Kota Manado saat ini tumbuh dengan sangat cepat. Diawali dengan hadirnya aplikasi karya anak bangsa yaitu Go-Jek yang memberikan layanan ojek motor online (Go-Ride) dan diikuti oleh jasa angkutan roda empat online (Go-Car). Diikuti hadirnya aplikasi asal Amerika Serikat yaitu Uber yang memberikan layanan taksi online. Selanjutnya aplikasi asal Singapura yaitu Grab sedang dalam tahap perekrutan driver. Dengan semakin banyaknya aplikasi transportasi berbasis online, ditambah dengan jenis transportasi angkutan konvensional sudah barang tentu akan semakin mempermudah masyarakat yang berada di Kota Manado dalam hal mendapatkan layanan transportasi.

Selain memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sebagai customer, hadirnya aplikasi-aplikasi jasa transportasi online tersebut juga membuka lapangan kerja yang sangat besar di Kota Manado. Perusahaan aplikasi transportasi online tersebut membutuhkan pengemudi (driver) untuk melayani banyaknya permintaan para customer. Kurang lebih setahun semenjak aplikasi tersebut hadir di Kota Manado, perkembangan jumlah driver online juga bertumbuh sangat cepat bahkan menembus angka ribuan bila dikalkulasikan antara driver roda dua dan roda empat.

Baca Juga:  Ketua TP-PKK Kota Bitung Buka Event Bitung Yoga Festival 2018
Kegiatan bersih-bersih kota dan donor darah GMC pada beberapa waktu yang lalu. (Foto: ist)

Untuk mewadahi para driver online yang berada di Kota Manado dan sekitarnya, maka terbentuklah komunitas GoOnline Manado Community (GMC). Pembentukan GMC berawal dari pembicaraan santai beberapa driver online di bulan Maret 2017 dan pengukuhan secara resmi setelah anggota member mencapai ratusan pada tanggal 20 Mei 2017 bertempat di Rumah Kopi Tampadudu yang berada di kompleks Champion Futsal Bahu.

Komunitas ini menjadi ajang mempererat tali silahturahmi, berbagi informasi seputar transportasi online, namun lebih dari pada itu komunitas ini memberikan dampak yang baik bagi Kota Manado pada umumnya. Kegiatan-kegiatan yang telah digelar GMC diantaranya bersih-bersih kota kerjasama dengan Lion Hotel dan PT Gojek , selanjtunya aksi donor darah bersama Palang Merah Indonesia dan RS Umum Pusat Prof. Kandou Malalayang, Anjang Sana ke Panti Asuhan di Asrama Haji. Ditambah aksi-aksi sosial peduli sesama member yang mengalami musibah diantaranya kecelakaan, sakit dan ada anggota keluarga inti driver yang meninggal.

Pada Kamis, 20 Juli 2017 GMC kembali menggelar Gathering yang bertempat di Container Food, Grand Meridian. Gathering ini dihadiri oleh ratusan anggota GMC dimana dalam kegiatan ini digelar Launching ID Card GMC, Pembagian atribut GMC, dan pembahasan kegiatan GMC kedepannya. Christian Yokung sebagai Ketua GMC menyampaikan rasa bangga atas perkembangan komunitas yang dipimpinnya.

Baca Juga:  Dukung Kegiatan "Fun Walk Olly Pe Tamang", Tak Diduga Karyawan IT Center Raih Hadiah Utama Dari Gubernur

 

Bakti Sosial GMC bersama anak-anak Panti Asuhan. (Foto: ist)

“Saya bangga bisa berada di wadah seperti GMC karena komunitas ini begitu sangat berbeda dengan organisasi atau komunitas lainnya”, ujar Yokung. Ditambahkannya dengan kemurnian hati dan ketulusan disertai sikap brotherhood yang begitu tinggi, banyak membuktikan peran aktif sesama member untuk saling membantu dalam berbagai masalah atau kejadian di atas aspal maupun pribadi. 

Salah satu bagian kegiatan Gathering yaitu Launching ID Card GMC yang akan berfungsi sebagai kartu diskon di 100 merchant yang ada di Kota Manado. “Kita targetkan dalam 2 bulan ini bisa mencapai 100 merchant yang akan bekerja sama dengan kami terkait penggunaan ID Card GMC dan puji Tuhan sudah puluhan merchant mendaftarkan diri untuk  bekerjasama dengan kami. Antusias juga terlihat dari perusahaan-perusahaan swasta yang antri untuk memberi presentasi di sela kegiatan gathering GMC tersebut”, jelas Christian yang juga dikenal sebagai salah satu pemilik tempat penyewaan lapangan Futsal di Kota Manado.

Salah peserta gathering yang juga sebagai driver online, Febry Paendong mengungkapkan rasa puasnya menghadiri acara tersebut. “Saya sangat senang dan puas menghadiri acara ini. Para member memberikan atensi yang sangat tinggi akan kegiatan ini. Betul-betul bangga menjadi anggota GMC,” ujar Febry. GMC masih terus membuka kesempatan untuk para driver online di Kota Manado untuk bergabung dalam komunitas ini. Kedepannya GMC masih akan terus mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi setiap member dan untuk daerah Sulawesi Utara pada umumnya.

Baca Juga:  Hadiri HUT Ke 12 Lansia GMIM, Bupati Tetty Akui Peran Lansia

Sesuai slogan GMC “Torang nda sedarah tapi Torang Lebe Dari Sudara”, demikian juga hubungan antar anggota yang kami rasakan saat ini begitu kuat, tutup para peserta Gathering.

 

(VIAN RONDONUWU)