YLM Sosok Keke Minahasa Sukses Yang Cinta Budaya dan Keluarga

  • Whatsapp

 

Youla Lariwa Mantik, SH (foto: Istimewa)

 

Bacaan Lainnya

Manadonews.co.id – Wanita Minahasa selain dikenal dengan parasnya yang cantik, keuletan serta kepintarannya juga tidak bisa di pandang sebelah mata. Tokoh wanita Minahasa yang dikenal akan kemampuannya diantaranya Maria Walanda-Maramis Pahlawan Nasional dan pendiri PIKAT, DR. Ny. Agustine Magdalena Waworoentoe merupakan Walikota Wanita Pertama di Indonesia, Dr. Marie Thomas merupakan Dokter Wanita Pertama di Indonesia, Prof. Ny. Annie Manopo merupakan Sarjana Hukum Wanita Pertama di Indonesia. Selain itu masih banyak lagi sosok Keke Minahasa (sebutan untuk wanita asal Minahasa) yang telah berkarya dan namanya harum hingga ke pentas nasional bahkan internasional.

Selain itu saat ini juga ada 3 daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan bagian dari Tanah Minahasa memiliki pemimpin seorang wanita, diantaranya Kabupaten Minahasa Utara dipimpin oleh Bupati Ibu Vonny Panambunan, Kabupaten Minahasa Selatan dipimpin oleh Bupati Ibu Christiany Eugenia Tetty Paruntu, dan Kota Tomohon yang memiliki Wakil Walikota Ibu Syerly Adelyn Sompotan.

Di tingkat nasional ada satu nama Keke Minahasa yang belakangan namanya semakin dikenal publik lewat prestasinya di bidang hukum. Nama tersebut adalah Youla Lariwa Mantik, SH atau sering disingkat dengan YLM. Berprofesi sebagai Pengacara (Lawyer), YLM memiliki klien tokoh-tokoh besar nasional dan banyak menangani kasus-kasus hukum besar. Sudah barang tentu perkara tersebut dimenangkan oleh YLM sehingga dirinya semakin dipercaya dan namanya menjadi buah bibir di tingkat nasional. Salah satu tokoh nasional yang menjadi klien dari YLM adalah mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Selain itu masih banyak tokoh nasional, pengusaha tambang, dan kepala-kepala daerah di Indonesia yang mempercayakan YLM sebagai kuasa hukumnya.

Baca Juga:  Tinangon: Setiap Dapil Maksimal Memiliki 12 Kursi, Jika Lebih Maka....
YLM bersama Jenderal TNI Moeldoko yang merupakan kliennya. (Foto: Istimewa)

Awalnya Youla Lariwa Mantik yang lahir dan menempuh pendidikan sejak TK hingga SMA di Tondano ini merupakan alumnus dari Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado. Setelah lulus dan meraih gelar sarjana hukum, YLM hijrah ke Jakarta untuk mengejar impiannya menjadi seorang pengacara yang sukses. Tiba di ibukota seorang diri bermodalkan mimpi yang dibawanya membuat YLM mau tidak mau harus kuat untuk bertarung di kerasnya kehidupan dan kompetisi di ibukota negara. Dengan falsafah hidup jujur agar terus dipercaya orang membawa YLM menuju tangga kesuksesan dalam karirnya di bidang hukum. Saat ini YLM memiliki Law Office (Kantor Hukum) pribadi yang berada di bilangan Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Kantor Hukum Youla Lariwa, SH di Jakarta. (Foto: Istimewa)

Tidak puas dengan kesuksesannya di bidang hukum, saat ini YLM merambah dunia bisnis sebagai seorang pengusaha dengan membuka usaha tambang batu bara di Kalimantan dan tambang batu di Minahasa. Di bidang organisasi nama YLM sangat dikenal di Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Jabodetabek setelah sukses menjadi ketua perayaan Natal dan Tahun Baru KKK Pusat di Balai Sarbini Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan warga Kawanua yang berada di Jakarta dan Jawa Barat serta Kawanua dari seluruh pelosok nusantara. YLM juga dikukuhkan sebagai Ketua Pinasungkulan Mapalus ne’ Toulour (PMT) Jakarta atau organisasi Kerukunan Warga Tondano, Ketua Umum Pemuda Perkumpulan Pemuda Tondano (PPT) Jakarta. Hal ini membuktikan kecintaan YLM akan adat dan budaya Minahasa yang merupakan tanah kelahirannya.

Baca Juga:  Moureen Maria Pongantung: Saya Masih Fokus Memenangkan ROR-RD
YLM dikukuhkan secara adat sebagai Ketua Pinasungkulan Mapalus Ne’ Toulour. (Foto: Istimewa)

YLM juga merupakan Ketua Olly Dondokambey Center (ODC) Jabodetabek dan Presiden Lions Club Shekinah (LCJ) Jakarta. Selain organisasi di Jakarta, YLM juga dipercayakan sebagai Ketua Majelis Pimpinan Cabang ormas kebangsaan Pemuda Pancasila Kabupaten Minahasa. Aktivitas sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila Minahasa membuat YLM semakin sering “pulang kampung” untuk merangkul para pemuda-pemuda di Minahasa agar berada dalam wadah yang baik untuk berkarya bagi daerah tercinta. Bahkan saat ini YLM digadang-gadang menjadi Ketua Pemuda Pancasila Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini terbukti dengan diundangnya YLM dalam pengukuhan pengurus Pemuda Pancasila provinsi Kalimantan Timur. Dalam momentum tersebut beredar foto-foto yang menunjukkan kedekatannya dengan Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila,  Japto Soelistyo Soerjosoemarno, S.H.

 

YLM bersama Japto Soerjosoemarno Ketua MPN Pemuda Pancasila. (Foto: Istimewa)

Belum lama ini YLM kembali “pulang kampung” dengan mengajak kedua anaknya dari Jakarta yaitu Sekar Kawanua Putri (perempuan) dan Wira Cakti Yudha (laki-laki) jalan-jalan keliling Minahasa untuk menikmati keindahan Tanah Toar Lumimuut. Selain itu juga YLM juga mengunjungi orang tuanya yang tinggal di Tondano yaitu Ibu Lies Elsye Mantik beserta saudara, kerabat dan handai taulan yang berada di Minahasa. Selain menemui keluarga, YLM juga berkunjung di rumah-rumah warga Minahasa yang membutuhkan bantuan untuk memberikan donasi sebagai sebuah aksi sosial serta wujud dari pelayanan dan solidaritas. Ini membuktikan kecintaan YLM terhadap keluarga serta semua Tou Minahasa. (ads)

Baca Juga:  Ketua TP PKK Sulut dan Minahasa Panen Cabe terkait Penilaian Lomba HATINYA PKK di Kanonang
YLM bersama Ibu dan Anak-anaknya menikmati keindahan Tanah Minahasa. (Foto: Istimewa)

PROFIL

Nama: Youla Lariwa Mantik, SH

Tempat Tanggal Lahir: Manado, 3 September 1972

Ayah: Alm. Yunus Lariwa

Ibu: Lies Elsye Mantik

Anak-anak: Sekar Kawanua Putri & Wira Cakti Yudha

Pendidikan:

  • TK Bhayangkari Tondano
  • SD Negeri 5 Tondano
  • SMP Negeri 1 Tondano
  • SMA Negeri Tondano
  • Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi

Pekerjaan:

Pengacara dan membuka Law Office (Kantor Hukum) Youla Lariwa, SH & Partners di Jakarta

Usaha:

  • Restoran di Jakarta
  • Tambang Batu Bara di Kalimantan
  • Tambang Batu di Minahasa
  • Alat Berat di Minahasa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *