Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaTomohon

PL Grace pontoh bersama penyulu perikanan tingkatkan Pokdakan ke Madya

3
×

PL Grace pontoh bersama penyulu perikanan tingkatkan Pokdakan ke Madya

Sebarkan artikel ini
Suasana kegiatan

TOMOHON, MANADONEWS – Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan resmi membuka kegiatan sosialisasi  pembudidayaan ikan sekaligus mengukuhkan kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) Madya, di balai benih Woloan 1 Kecamatan Tomohon Barat pada 30/11.

“Cara budidaya yang baik adalah cara memelihara dan membesarkan ikan dengan baik dan memanen ikan dalam lingkungan yang terkontrol, sehingga memberikan jaminan keamanan pangan dari pembudidayaan dengan memperhatikan sanitasi,benih,pakan,obat ikan,bahan kimia dan bahan biologis yang tujuannya untuk menjamin mutu  dan keamanan pangan hasil pembudidayaan ikan”, kata Sompotan saat membuka dan mengukuhkan kelompok pembudidaya ikan.

Example 300x600

Kaitan pengukuhan terhadap kelembagaan pelaku usaha dalam hal ini Pokdakan merupakan bentuk penghargaan atas karya yang telah dicapai oleh 2 kelompok Pokdakan yakni Kelompok Budidaya Ikan(Pokdakan) Madya Kamang Rondor dan Lumaney.

“Hal ini bertujuan agar dapat menumbuh kembangkan atau mevotifasi yang lebih besar,lebih giat dan efektif dalam usaha meningkatkan produksi perikanan”, jelasnya.

“Selamat atas capaian yang diraih dua kelompok dengan peningkatan status dari Pokdakan pemula menjadi Madya”, tutup Sompotan.

Sementara itu kepada peserta sosialisasi Ir Vonny Pontoh selaku Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon berharap hasil keikutsertaan kegiatan ini akan menjadi dasar dalam mengembangkan cara pengelolaan ikan yang baik, juga dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk kegiatan selanjutnya.

“dengan di kukuhkanya dua kelompok ini ke tingkat madya kiranya dapat mengembangkan budidaya ikan air tawar ini dengan benar dan dan pengelolaan dapat lebih baik dari sebelymnya” kata Pontoh

Hadir sebagai peserta 30 orang yang merupakan utusan dari sejumlah Pokdakan di Kota Tomohon. Hadir pula Camat Tomohon Barat Michael Joseph SSTP MSi, Camat Tomohon Selatan Ronald Kalesaran SE.

Sementara itu krpala seksi kelembagaan dan saspras perikanan menjelaskan kenaikan karena terobosan yang projek lider kembangkan lewat terobosan yang inofatif dengan kegiatan tutor sebaya yang menempatkan pokadakan madya sebagai pembimbing dan pembimbing bagi Pokdakan Pemula di kota Tomohon. (robby lumi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *