Akhir Tahun,Disdukcapil Bolmong Kejar Target Akte Kelahiran

Kepala Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala

 

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Demi merampungkan data kependudukan masyarakat Bolaang Mongondow (Bolmong), maka Pemkab Bolmong melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sementara menggenjot pendataan akte kelahiran.

” Saat ini, kami sedang melakukan pendataan untuk mengejar target akte kelahiran, serta pendaftaran penduduk di setiap desa,” ujar Kepala Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala pada Selasa (12/12) siang diruang kerjanya.

Iswan melanjutkan, target ini diupayakan segera rampung sebelum tanggal 20 Desember tahun 2017.

” Demi mengejar target ini, hari minggu pun tim tetap kerja dengan turun ke desa-desa. Ada dua tim yang kami tugaskan. Satu tim sekitar 2 sampai 3 orang,”tambahnya.

Tambah Iswan, pihak pemerintah desa juga bisa datang langsung mengurus di kantor Disdukcapil.

” Pemerintah desa juga bisa datang dikantor. Tapi, dalam rangka percepatan, kami harus jemput bola,”ungkapnya.

Menanggapi kendala yang ditemui saat di lapangan, dirinya mengatakan bahwa hanya luas wilayah dan keaktifan masyarakat yang menjadi kendala tim saat melakukan kunjungan kerumah-rumah warga.

Baca Juga:  Belum Lakukan Perekaman e-KTP 31 Desember 2018 Data Usia 23 Tahun ke Atas Diblokir

” Kendalanya, yakni setiap kali dikunjungi tidak berada di tempat, karena masyarakat banyak yang berprofesi petani. Masyarakat sebenarnya harus sadar, karena ini sangat berguna untuk masyarakat itu sendiri dalam pengurusan berkas lainnya. Kalau untuk blangko akte kelahiran dan KTP di dinas sangat mencukupi,”pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga yang ditemui mengapresiasi tindakan pihak Disdukcapil tersebut.

” Program ini sangat bagus, apalagi pemerintah langsung melakukan kunjungan kerumah-rumah warga,”ujar Dion W, warga salah satu desa di Kecamatan Lolak.
( stvn )