Pemkab Bolmong Genjot Pelebaran Jalan Kaiya-Pinogaluman

  • Whatsapp

Kadis PU Bolmong, Channy Wayong

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Pelebaran Jalan Trans Sulawesi, di Kabupaten Bolmong bakal action tahun ini. Dimana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong tengah merencanakan pengerjaannya yang mulai dari jembatan Kaiya sampai Desa Pinogaluman.

Tentunya kucuran anggaran tersebut berkat upaya Bupati Yasti Soepredjo dan Wakil Bupati Yanny R Tuuk, dalam melakukan pembangunan, yang direncanakan lebar jalan sekira 30 Meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bolmong Channy Wayong mengatakan, Jalan yang berada di Jembatan Kaiya hingga Desa Pinogaluman itu adalah jalan Nasional, sehingga pengerjaanya bakal dilakukan oleh Balai Jalan Provinsi. Sedangkan pihak Pemerintah Daerah sekedar mengusulkan dan melobi untuk kucuran anggarannya agar turun dan dilakukan pengerjaan. Berdasarkan perencanaan, pelebaran sepanjang dari Jembatan Kaiya hingga Desa Pinogaluman ini, akan bertahap.

“Untuk tahap awal rencananya sepanjang 4 Km terlebih dahulu, dengan lebar 24 meter. Kami terus mengusulkan, meskipun dananya dari pemerintah pusat,” ungkap Wayong.

Dirinya menjelaskan, sebagian jalan sudah dilakukan pembebasan lahan, dan sebagian besar masih dalam proses. Namun, sudah dilakukan koordinasi dengan Camat dan Sangadi belum lama ini untuk membicarakan dengan masyarakat terkait adanya pembebasan lahan ini.

Baca Juga:  Kepada Jajaran Sekdakot Tegaskan Kembali Tiga Poin Penting dari Wali Kota Caroll Senduk

“Ada sekira 1,5 Km lebih yang sudah ada pembebasan jalan. Yang sisanya akan berproses,” ujarnya.

Wayong meminta, agar masyarakat dapat pro aktif dalam pelebaran jalan nati, sehingga program yang sudah direncanakan oleh pemerintah boleh berjalan.

“Ini juga untuk kepentingan masyarakat. Sehingga lebih berkembang, keuntungannya tidak hanya ke pemerintah, namun lebih besar ke masyarakat. Berharap apabila sudah akan mulai pembangunan, masyarakat betul-betul mendukung, sehingga sistem perekonomian dan akses yang ada bisa lebih maju, menuju Bolmong Hebat,” pungkasnya.
( stvn )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *