Mingkid, Pembeli Elpiji 3 Kg Khusus Pengguna Kartu Rastra

Airmadidi, ManadoNews – Untuk pembelian tabung gas elpiji 3 Kg khusus untuk masyarakat Minahasa Utara (Minut) diperuntukan khusus pengguna Kartu Beras Sejahtera (Rastra) atau masyarakat kurang mampu. Hal ini dikatakan Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Minut, Drs Allan Mingkid kepada ManadoNews.co.id, Selasa (30/1) di kantor Bapelitbang.

“Ini masih sebatas kajian dari pemerintah agar penyaluran elpiji 3 Kg ini bisa tepat sasaran. Jika sudah ditetapkan, maka pemerintah Daerah akan segera sosialisasikan ke warga. Nantinya setiap keluarga hanya dibatasi 3 Kg setiap bulannya,” ujar Mingkid.

Mingkid juga mentuturkan, nantinya juga akan dipertimbangkan penggunaan kartu khusus bagi Industri Kecil Menengah (IKM). Nantinya lebih difokuskan pada usaha rumah makan yang berpendapatan tinggi.

“IKM yang ada nanti bakal didata karena mereka nanti akan menggunakan kartu khusus,” tandasnya.

Mingkid juga menjelaskan, bagi warga yang tidak memiliki kartu Rastra, saat membeli gas 3 Kg, akan dikenakan harga Rp15 ribu lebih per kilogram, kalau elpiji 3 kg akan dikenakan harga sebesar Rp 45 ribu lebih per 3kg.

Baca Juga:  Unsur Forkopimda Sulut "Gowes Pemilu 2019 Damai dan Sukses" Kitari Bibir Danau Tondano

“Nantinya saat diberlakukan kartu Rastra untuk membeli elpiji 3 Kg, maka warung-warung yang menjual gas akan berkurang karena mereka tidak memiliki kartu Rastra,” kata Mingkid.

Mingkid juga menambahkan, jika Pemkab Minut akan melakukan sidak terhadap rumah makan dan IKM lainnya yang menggunakan tabung gas elpiji 3 Kg. Sidak ini nantinya akan melibatkan Dinas Keuangan.

“Sidak akan kami lakukan dengan melibatkan Dinas Keuangan karena SKPD ini lebih tahu pendapatan setiap rumah makan lewat pembayaran restribusi,” tambahnya.(aso)