Camat Poigar Himbau Warga Waspada Luapan Air Sungai

Salah satu rumah warga di Desa Nonapan Baru, (foto/ist)

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Cuaca ekstrem dengan curah hujan yang cukup tinggi yang melanda hampir seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hampir seminggu ini, tak terkecuali wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang air.

Demikian dialami Desa Nonapan Baru dan Desa Poigar Satu, yang keduanya berada di Kecamatan Poigar, pada Rabu (7/1) sore hingga menjelang malam ini.

Menurut salah satu warga Nonapan Baru, yakni Alfina Sumenda, bahwa sebagian rumah yang berada di desanya sudah tergenang air setinggi lutut orang dewasa.

“Sebagian rumah warga terendam air, salah satunya milik dari keluarga Martasen- Karaeng, di Dusun 3 Nonapan Baru, tepatnya di Jalan Trans Sulawesi,”katanya

Ruas jalan trans sulawesi, tepatnya di Desa Nonapan Baru

 

Lanjutnya, saat ini pemerintah desa setempat sudah mengumumkan agar warga yang rumahnya terendam air untuk mencari tempat yang aman.

“Sebagian warga sudah berteduh di Masjid, Pasar, dan juga Gereja GMIBM,”pungkasnya.

Baca Juga:  Penyaluran DAK Fisik, Dana Desa di Wilayah BMR Mantap

Sementara itu, pemerintah Desa Poigar Satu yang juga mendapat imbas akibat luapan air sungai sudah melakukan evakuasi warga yang berada didekat aliran sungai.

Salah satu rumah warga

 

“Hujan sudah terjadi sejak siang tadi, hingga luapan air semakin naik. Untuk saat ini kami (Pemdes) telah mengevakuasi penduduk yang berada dekat dengan aliran sungai. Karena naiknya luapan air,” ujar Sangadi Poigar Satu, Rubianto Mokodongan yang rumahnya ikut tergenang air.

Ketika dihubungi, Camat Poigar Deddy Ruswandi menyampaikan bagi masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, terlebih di desa yang memiliki aliran sungai.

“Saya meminta masyarakat agar tetap tenang dengan kondisi ini. Selain itu juga harus tetap waspada,”singkatnya.
( stvn )