Aktifitas Kampanye Jadi Objek Pengawasan Panwas Mitra

  • Whatsapp
Foto: Bimtek pengawasan tahapan kampanye pada pemilihan bupati dan wakil bupati Tahun 2018 yang digelar Panwas Mitra

MITRA, MANADONEWS – Mengacu pada PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang kampanye gubernur, bupati, wali kota yaitu, penyebarluasan bahan kampanye dilaksanakan dan dianggarkan oleh KPU. Sedangkan tim pasangan calon hanya menyerahkan desain saja.

Dijelaskan komisioner KPU Mitra Irfan Rabuka, bahan kampanye yang dimaksud meliputi selebaran (flyer) paling besar ukuran 8,25 centi meter (cm) x 21 cm, brosur (leaflet) paling besar ukuran 29,7 cm x 10 cm, pamflet paling besar ukuran 29,7 x 29,7 cm, poster paling besar ukuran 40 x 60 cm.

“Jika pasangan calon ingin mencetak bahan kampanye tambahan harus sesuai dengan ketentuan bahan kampanye yang difasilitasi. Itu pun paling banyak 100 persen dari jumlah kepala keluarga pada daerah pemilihan,” jelas Rabuka, pada Bimtek pengawasan tahapan kampanye pada pemilihan bupati dan wakil bupati Tahun 2018, yang digelar Panwas Mitra, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Tosuraya Selatan, Senin (26/2/2018).

Pada Bimtek yang dihadiri komisioner Panwas dan Komisioner KPU Mitra, diakatakan Robuka, ada juga bahan kampanye lain yang bisa dibiayai langsung oleh tim pasangan dan gabungan parpol yakni pakaian, penutup kepala, alat minum, kalender, pin kartu nama, alat tulis, payung dan stiker ukuran 10 x 5 cm.

Baca Juga:  LPPM Unsrat Gelar Sosialisasi Program Kemitraan dan Masyarakat di Jemaat Kyrios Kawiley

“Dengan catatan biaya per item bahan kampanye tidak boleh lebih dari Rp 25 ribu,” tambah Rabuka yang ikut dibenarkan Komisioner KPU Pdt Fanny Wurangian.

Sedangkan Komisioner Panwas Kabupaten Mitra, Djouby Longkutoy, menambahkan, apa yang sudah diatur KPU melalui PKPU otomatis menjadi objek pengawasan Panwas Kabupaten, Panwascam hingga PPL.

“Itu yang akan menjadi objek pengawasan kita,” pinta Longkutoy didampingi Komisioner Panwas Kabupaten Dolly Van Gobel.

(gerimokobimbing)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *