Example floating
Example floating
Kotamobagu

Permintaan Banyak, Petani Cabe Kriting di Kotamobagu Eksis

×

Permintaan Banyak, Petani Cabe Kriting di Kotamobagu Eksis

Sebarkan artikel ini

MANADONEWS, KOTAMOBAGU-Permintaan pasar terhadap komoditas cabe keriting di Kotamobagu terus meningkat. Hal ini didorong seiring dengan banyaknya usaha kuliner atau industri makanan di Kota Kotamobagu.

Namun, hal tersebut belum bisa diimbangi dengan jumlah pembudidaya dan luas lahan. Hal inilah yang menjadi pendorong banyak petani untuk mengembangkan budidaya cabe keriting.

MANTOS MANTOS

Toni Jibu (45), Warga Kelurahan Genggulang Kecamatan Kotamobagu Utara adalah petani pembudidaya cabe kriting. Ia mengaku, dalam setiap kali panen, bisa menghasilkan 10 Kg cabe kriting yang langsung dijual ke pasar dengan harga Rp 20 Ribu per Kilogram.

“Lahannya memang tak besar, sedangkan tanaman cabenya ada 200 pohon. Yah, lumayanlah untuk mencukupi permintaan pasar,” ujar Toni, Jumat (07/09/2018).

Baca Juga:  Danrem Santiago Pimpin ziarah dan Tabur Bunga Sambut Hari Juang TNI AD Tahun 2023

Ia mengatakan, selama Dua bulan terkahir cabe kritingnya sudah Tujuh kali panen. “Kan tiap minggunya dipanen, setiap panennya itu bisa 300 Ribu hasil yang saya dapat,” ungkapnya.

Meski begitu, Ia juga masih mengeluhkan lahan serta modal yang diperlukan untuk memperluas lahannnya. Selain itu, modal juga sangat diperlukan. Sebab, menurutnya perawatan cabe kriting tidaklah mudah dan harus dipupuk setiap kali panen, untuk itu Toni membutuhkan modal yang tidak sedikit.

“Rencananya Kami juga bakal menambah penanaman cabe kriting sekita 150 bibit. Nqmun kendalanya modal untuk memperluas lahan. Belum lagi untuk pembelian pupuk dan lainnya,” jelasnya.

Toni juga mengaku sudah memasukan proposal bantuan ke pemerintah lewat dinas pertanian. Namun, saat ini dia masih menunggu bantuan yang ada.

Baca Juga:  Pembangunan Ring Road masih Menunggu Hasil Asistensi Trace Jalan

“Saat ini bantuan masih sementara menunggu. Kabarnya ada kami juga sudah masukan proposal. Tentunya saya minta dan berharap secepatnya bantuan segera disalurkan,” pungkasnya.

Terpisah,Kepala Bidang Perkebunan dan Tanaman Holtikultura Ramjan Mokoginta mengatakan, pihaknya sedang dalam penyusunan pemnerian bantuan kepada kelompok petani yang ada di Kotamobagu.

“Nah, untuk petani budidaya cabe kriting itu juga sedang dalam proses. Kami juga sedang mengupayakan supaya secepatnya bisa disalurkan bantuannya berupa alat dan fasilitas pertanian yang dibutuhkan oleh petani tersebut,” pungkasnya.

(MLS)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *