Example floating
Example floating
Kotamobagu

Musim Kemarau, Buah Durian di Kotamobagu Membludak

×

Musim Kemarau, Buah Durian di Kotamobagu Membludak

Sebarkan artikel ini

MANADONEWS,KOTAMOBAGU- Musim kemarau yang berkepanjangan ternyata dapat memberikan berkah dan keuntungan lebih dari petani di Kotamobagu khususnya petani yang mempunyai tanaman Durian.  Pasalnya, kurang lebih Dua bulan terakhir, musim kemarau yang merambat di sebagian Wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) khususnya Kota Kotamobagu, buah durian membludak. Hal ini tentunya memberikan peluang bagi petani duren untuk mendapatkan keuntungan yang lebih lewat berdagang duren.

Meski Kota Kotamobagu tidak memiliki perkebunan durian, namun Kota ini menjadi salah satu tempat tujuan penjualan buah berduri ini. Namun, ada beberapa petani yang memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam buah durian ini.

MANTOS MANTOS

“Memang Kotamobagu tak punya perkebunan duren yang cukup banyak, namun yang banyak itu petani di Kotamobagu yang mempunyai tanaman durian meski diwilayah lain. Sehingga tidak heran ketika datang musim panen, kotamobagu menjadi sentra penjualan durian bagi petani di dalam maupun luar Kotamobagu,” ungkap Awad Paputungan, Petani durian Asal Kelurahan Mongkonai, Senin (10/9)

Menurutnya, buah durian merupakan buah musiman yang berbuah dalam setahun sekali. Namun, dalam beberapa tahun ini buah duren tidak maksimal dikarenakan cuaca yang kurang menentu.

“Sudah Dua tahun belakangan ini tanaman Durian sudah jarang berbuah. Sehingga tahun ini Syukur buahnya banyak, sebab musim kemarau yang mendukung,” ujarnya

Diluar pekarangan rumahnya, Ia mengaku mempunya tanaman durian sekirat 30 pohon. Ia kemudian memprediksikan hasil panen Durian tahun ini bakal membludak dilihat dari buah dan cuaca yang mendukung. Meskipun begitu, menurutnya buah durian juga perlu serapan air agar buahnya tidak mengering hingga menyebabkan jatuh sebelum dipanen.

“Buah durian juga harus membutuhkan air, sekitar tiga hari lalu itu ada hujan namun tidak lama. Yahh Mudah-mudahan buahnya bisa 90 persen jadi semua. Jika diprediksikan sekitar Tiga Hingga Empat bulan kedepan bisa di panen,” jelasnya

Kepala Dinas Perikanan pertanian dan Peternakan Muljadi Suratenodjo menambahkan, produksi buah durian di Kotamobagu memang tidak sedikit. Meski sebagian besar lahannya berada di daerah lain, namun banyak petani kotamobagu yang bercocok tanam terhadap komoditas ini. “Nah, kalau musim panas ini, pastinya banyak petani kotamobagu yang mendapatkan keuntungan dari buah durian tersebut,” pungkasnya.

(MLS)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *