Tahun Depan Pemuda di Minut Diajak Bercocok Tanam

Airmadidi, ManadoNews – Untuk meningkatkan sektor pertanian bagi anak muda yang ada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Maka, Dinas Pertanian bekerja Sama dengan Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) mengajak anak muda untuk menanam.

Kepala Dinas Pertanian Minut, Ir. Wangke Karundeng mengatakan, dalam waktu dekat Dinas Pertanian dan Dispora akan bekerjasama di sektor pertanian khusus anak muda.

“Tujuan lainnya adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran dari tingkat umur produktif. Intinya, pemuda diajak untuk menggunakan peluang sektor pertanian ini,” kata Karundeng, Selasa (13/11/2018) di kantor Pertanian.

Ditambahkannya, program ini juga akan dilakukan untuk menghilangkan pandangan masyarakat jika petani itu bukan orang yang tidak berpendidikan, rendah dan kasar. Sebab, sektor pertanian ini sangat membantu.

“Nama program ini masih akan dibahas dengan Dispora Minut sebelum diterapkan tahun 2019 mendatang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dispora Minut, Maxiliam Tapada mengatakan jika pihaknya sangat mendukung program pertanian ini untuk memberdayakan pemuda di daerah Minut. Sebagai langkah awal, Dispora Minut akan mengumpul organisasi pemuda di daerah tersebut guna menjelaskan maksud dan tujuan program sektor pertanian ini.

Baca Juga:  Ibu Fenny Lumanauw Dampingi Ketua TP PKK Sulut Serahkan Bantuan di Desa Kopiwangker

Tak hanya itu, Dispora dan Dinas Pertanian Minut juga akan memberikan pelatiham bagi organisasi pemuda, baik dari segi bercocok tanam, pemupukan hingga distribusi hasil pertanian.

“Program ini sangat baik bagi pemuda dan itu akan kami laksanakan pada tahun 2019 mendatang,” tambah Tapada.

Disisi lain, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Pemuda Harter Nelwan, SE, M.Ec. Dev menambahkan bahwa ke depan Minut harus menciptakan petani-petani Muda, agar swasembada pangan dapat terwujud di Minut.

“Tahun depan petani muda bisa bisa berswasembada. Dan juga Gerakan Masyarakat Hidroponik (Gemaponik) dapat diwujudkan bagi generasi muda,”ucap Nelwan.

Aso

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3570 votes

This will close in 10 seconds