Gonibala: Tidak Ada KTP WNA di Bolmong, Jika Ada Itu Pemalsuan

  • Whatsapp

BOLMONG,MANADONEWS,-Untuk wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow sampai saat ini tidak ada pengurusan KTP WNA.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Bolmong, Iswan Gonibala M.Pd, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya senin, (11/3/2019).

Bacaan Lainnya

“Jika suatu saat ditemukan adanya KTP WNA berarti adanya pemalsuan data, karena di Bolmong sampai saat ini tidak ada kepengurusan terkait KTP WNA,” ungkapnya.

Menurutnya WNA atau orang asing (OA) tidak dilarang memiliki KTP elektronik. Karena itu sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Undang-undang yang memperbolehkan. Jadi tidak ada larangan WNA memiliki KTP,” terangnya.

Dalam UU Adminduk lanjutnya, pertumbuhan penduduk maupun pengurangan penduduk, di antaranya terkait adanya warga melahirkan dan ada yang meninggal dunia. Selain itu, juga ada naturalisasi WNA.

“Ada WNI yang menjadi WNA, itupun menjadi berkurangnya penduduk,” tambah dia.

Baca Juga:  Undang Pelaku Usaha Di Manganitu, Dinas Penanaman Modal Buat Ini.

Selain itu, ia mengatakan bedanya antara KTP Elektronik WNI dan WNA yakni jika KTP elektronik untuk WNI berlaku seumur hidup, sedangkan untuk KTP elektronik WNA dibatasi waktunya berdasarkan izin tinggal tetap yang diberikan oleh pihak Imigrasi.

Dijelaskannya, tak semua WNA bisa memiliki KTP elektronik, kecuali sudah mengantongi izin tinggal tetap dari kantor Imigrasi.

“KTP yang diterbitkan untuk WNA memiliki blanko sama dengan KTP elektronik diterbitkan untuk WNI. Namun, ada beberapa perbedaan, yaitu keterangan asal warga negara dan masa berlakunya,” jelas Gonibala

Ada sejumlah syarat harus dipenuhi WNA jika ingin memiliki KTP elektronik. Hal ini, menurutnya diatur dalam BAB IV pasal 17 ayat 1 sampai 4 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006. Menyebutkan bahwa WNA dimungkinkan mendapatkan KTP elektronik dan Kartu Keluarga. (David)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *