Esok, DLH Sulut Transplantasi Karang di Minsel

  • Whatsapp

Kepala DLH Sulut, Ir.Marly Gumalag,M.Si. (foto/mn)

SULUT,Manadonews.co.id-.Pemerintah daerah Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada Jumat (5/4/2019) esok, akan menggelar kegiatan Transplantasi Karang di Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala DLH Sulut Ir. Marly Gumalag,M,Si bahwa transplantasi karang adalah salah satu teknik pelestarian (rehabilitasi) terumbu karang yang semakin terdegradasi dengan teknik pencangkokan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memulai ekosistem terumbu karang yang rusak seperti kondisi semula,” ujar Gumalag saat ditemui di kantor DLH Sulut, Kamis (4/4/2019) malam.

Ditambahkan, kegunaannya berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak dan dapat pula digunakan untuk membangun daerah terumbu karang baru yang sebelumnya tak ada.

“Nantinya ini akan berperan ekonomis untuk menaikkan stok ikan didesa dan meningkatkan nilai tambah sektor pariwisata. Ini juga merupakan agenda tahunan. Sebelumnya pada tahun 2018 lalu, kami melakukan kegiatan pelestarian hutan mangrove,” jelasnya.

Baca Juga:  Harapan Sumendap, Pilkada Mitra 2018, Menghasilkan Pemimpin Yang Berkualitas

Direncanakan, dalam kegiatan yang digagas oleh pihak DLH Sulut kali ini akan juga dirangkaikan dengan penyerahan apresiasi dan penghargaan dari pihak PT.Cargill Amurang ke pemerintah daerah Sulut.

“Apa yang kami lakukan ini merupakan bagian untuk mendukung program Gubernur Sulut Olly Dondokambey,SE dan Wagub Drs.Steven Kandouw guna pelestarian ekosistem terumbu karang di wilayah Sulut,” tutupnya.

Diketahui, guna mensukseskan kegiatan tersebut, pihak DLH Sulut pun menggandeng kelompok lingkungan hidup Manengkel Solidaritas.

(Stvn)

Pos terkait