PDIP Sulut Amankan 4 Kursi DPR RI

  • Whatsapp
PDI Perjuangan Sulawesi Utara dibawah pimpinan Olly Dondokambey amankan 4 kursi DPR RI

MANADO, Manadonews.co.id – Sulawesi Utara memiliki jatah enam kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Pemilik enam kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara baru akan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada akhir Mei.

Bacaan Lainnya

Namun perolehan kursi di Senayan tersebut telah terlihat berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) sejumlah lembaga survey.

Dari data yang diperoleh menunjukan juara ‘bertahan’ PDIP masih unggul di Bumi Nyiur Melambai. Bahkan banteng moncong putih disebut telah mengamankan 4 kursi ke Senayan.

Sisanya 2 kursi lagi diperebutkan Partai Golkar, Nasdem, Gerindra, Demokrat dan PAN.

Adriana Dondokambey, Herson Mayulu, Jantje Wowiling Sajouw dan Vanda Sarundajang bakal mengisi 4 kursi DPR RI dari PDIP.

Adrian Jopie Paruntu dan Jerry Sambuaga saling berebut 1 kursi dari Golkar. Kemudian Hillary Lasut dan Felly Runtuwene turut memperebutkan 1 kursi dari Nasdem.

Sementara 2 incumbent juga masih memiliki peluang yaitu dari Partai Demokrat yang juga merupakan Wakil Ketua MPR RI saat ini LetJen TNI E.E. Mangindaan, serta wakil dari Partai Amanat Nasional (PAN), Bara Krisna Hasibuan.

Konstelasi ini masih berpeluang berubah, menunggu hasil hitungan resmi dari KPU.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulut, Olly Dondokambey optimis PDIP juara di Sulut. “Perhitungan kita PDIP bisa amankan 4 kursi (DPR RI),” katanya, Minggu (21/4/2019) saat berada di pusat data PDIP Sulut, Rike.

PDIP mengajukan, 6 nama sesuai jumlah kursi, yakni Adriana Dondokambey, Herson Mayulu, Jantje Sajouw, Djenri Keintjem, Vanda Sarundajang dan Jefry Wurangian.

Pada Pileg 2014, PDIP mengamankan 2 kursi DPR RI. Tak hanya DPR RI, Olly juga menegaskan kemenangan PDIP di DPRD Sulut. Ia optimistis PDIP meraih 19 kursi parlemen di Gedung Cengkeh, Kairagi Manado. “DPRD Provinsi kita bisa 19 kursi dari Dapil Manado bisa 4 (kursi),” kata dia.

Pemilihan DPRD Sulut terdiri dari 6 dapil dibagi menjadi Dapil I Manado, Dapil II Minut-Bitung, Dapil III Nusa Utara, Dapil IV Bolmong Raya, Dapil V Minsel-Mitra dan Dapil VI Minahasa Tomohon.

Total ada 45 kursi DPRD yang diperebutkan. PDIP masih jadi penguasa DPRD Sulut dengan perolehan kursi Pileg 2014 dengan 13 kursi.

“Terima kasih kepada masyarakat Sulut sudah berpartisipasi ambil bagian menyukseskan Pemilu 2019,” kata Olly yang juga Gubernur Sulut ini.

Ia juga bersyukur capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin bisa meraih suara tertinggi di Sulut. “Ini berkat doa dan dukungan masyarakat Sulut sehingga bapak Jokowi-Ma’ruf bisa meraih suara tertinggi,” tutupnya.

Baca Juga:  Konser Agnes Mo Spektakuler

Pos terkait