Bappelitbangda Kotamobagu Lakukan Penelitian Areal Pengembangan Kopi di Kotamobagu

KOTAMOBAGU, MANADONEWS — Bappelitbangda Kota Kotamobagu bersama Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) telah melakukan penelitian potensi areal pengembangan budidaya kopi di Kotamobagu.

Hal tersebut dikatakan Kabid Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda) Kotamobagu Fenti Mifta, bahwa penelitian tersebut untuk mengetahui potensi areal pengembangan budidaya kopi di kotamobagu.

“Dari hasil penelitian, Kecamtraa Kotamobagu Utara dan Selatan mempunyai peluang pengembangan Kopi di Kotamobagu,” Kata Fenti, Jumat (17/5/2019).

Lanjutnya, Potensi di kotamobagu utara memiliki sentra pengembangan dan pengolahan kopi, sedangkan di selatan memiliki potensi agrowisata berbasis kopi.

“Petanya sudah ada, sekarang kita bisa petakan pengembangan kopi organik yang ada di Kotamobagu Utar dan Selatan,” jelasnya.

Fenti juga menambahkan, untuk pengembangan kopi tersebut, perlu ada pengetahuan tentang teknik budidaya agar pendapatan petani kopi tersebut bisa meningkat.

“Meski begitu, sejauh ini kopi robusta lebih cocok di daerah Kotamobagu Utara dan arabika cocoknya di wilayah selatan,”teragnya.

(MLS)

Baca Juga:  Anggota Intel Kodim 1310/Bitung Ringkus Penjual BBM Bersubsidi Secara Ilegal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *