Dinas Pertanian Kotamobagu Gratiskan Alsintan Kepada Petani

KOTAMOBAGU, MANADONEWS — Dinas Pertanian Kota Kotamobagu, menyiapkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa traktor roda dua dan roda empat untuk dipinjamkan kepada para petani yang ada di empat Kecamatan (Kotamobagu Utara, Timur, Barat dan Selatan).

Alsintan tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, untuk petani demi memaksimalkan realisasi pelaksanaan program di sektor pertanian. Bahkan, peminjaman digratiskan.

Kepala Dinas Pertanian Kotamobagu Muljadi Surotinojo, mengatakan alat yang akan dipinjamkan dapat memudahkan pekerjaan petani. “Jika ada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), petani atau siapa saja untuk meminjam alsintan, silakan datang ke Dinas Pertanian Kotamobagu, kita gratiskan peminjaman,” kata Muljadi, Rabu (26/6/2019).

Meski demikian, untuk proses peminjaman nanti, Dinas Pertanian Kotamobagu tidak asal memberikan. Karena, harus pada Gapoktan yang jelas dan penggunaanya pun sesuai untuk kebutuhan pertanian. “Yang penting peminjaman alsintan digunakan pada hal yang dapat mendukung program pertanian. Selesai dipakai dikembalikan lagi. Tapi, biaya solar dan operator ditanggung petani,” tambah Muljadi.

Dia berharap kesempatan ini dimanfaatkan secara optimal oleh petani Kotamobagu. Sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan melalui program Swasembada pangan seperti yang dicanangkan Pemerintah sampai saat ini.

Baca Juga:  Wawali Minta ASN Pemkot kotamobagu Tingkatkan Kedisiplinan dan Tanggung jawab Kerja

Sebelumnya tahun 2018, Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Pertanian telah memberikan bantuan pertanian kepada 127 kelompok tani yang tersebar di wilayah Kotamobagu. Namun, bantuan ini belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan kelompok tani karena masih ada juga yang belum menerima bantuan.

“Untuk kelompok Gapoktan yang belum menerima bantuan, kita sudah ajukan proposal ke Kemeterian. Traktor roda dua dan roda empat yang dikelola oleh Dinas, itu untuk dipinjam pakai kepada para petani, bantuan ini langsung dari kementerian yang dianggrakan lewat APBN. Jadi, silakan dipakai dan ini gratis,” pungkasnya.

(MLS)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
548 votes

This will close in 10 seconds