Bolmong Komit Selaraskan Program Pembangunan Dengan RPJMN

BOLMONG,MANADONEWS,-Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow  hadir dalam rapat Konsultasi Regional Pulau Sulawesi, Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Kegiatan ini dilaksanakan Senin, (5/8/2019) tepatnya di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Wakil Gubernur Steven Kandouw saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, antara provinsi dan kabupaten kota haruslah memiliki kesamaan pola pikir.

Karena selama ini katanya terkesan masih jalan sendiri-sendiri, terutama terkait pembangunan infrastruktur.

“Kementerian BPN dan Bappenas sudah berusaha bersama-sama menetapkan satu ‘road map’ pembangunan infrastruktur agar bisa lebih efisien dan efektif tepat bagi rakyat Indonesia khususnya pulau Sulawesi,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula Wagub mengungkapkan, banyak perangkat vertikal pemerintah pusat di daerah, tetapi terkesan enggan konsultasi dan koordinasi.

“Instansi vertikal pusat punya anggaran, tetapi harus diingat, wilayah kerja mereka milik bupati dan wali kota. Jangankan wali kota dan bupati, gubernur pun tak pernah didatangi. Tentunya ini menjadi kurang baik terhadap pembangunan karena ada kesan daerah dan pusat kurang koordinasi,” tuturnya.

Baca Juga:  PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Bergilir

Sementara itu, Sekretaris Utama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Beppenas) Dr.Ir. Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf, M.Sc dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Konsultasi regional pulau Sulawesi ini bertujuan untuk menyelaraskan target agenda pembangunan nasional dengan pembangunan daerah per pulau besar,” terangnya.

Kepala Bapeda Bolmong Yarlis Awaludin Hatam menjelaskan, secara garis besar rancangan teknokratik RPJMN 2020-2024 diarahkan pada tujuh sasaran utama yakni menguatkan ketahanan ekonomi, pemerataan wilayah, peningkatan kualitas SDM, pembangunan di bidang kebudayaan dan peningkatan infrastruktur, pelestarian lingkungan hidup, serta ketahanan menghadapi bencana, stabilitas politik dan reformasi birokrasi.

Menurutnya hal tersebut merupakan agenda strategis untuk menyelaraskan rencana pembangunan antara pusat dan daerah pada lima tahun ke depan.

“Bupati berharap RPJMN menjadi pedoman untuk mewujudkan sinergi dalam pembangunan. Kabupaten Bolmong berkomitmen menyelaraskan program pembangunan daerah dengan RPJMN. Infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sumber daya manusia menjadi perhatian pemerintah daerah. Dan itu sangat selaras dengan RPJMN 2020-2024,” jelas Yarlis.

Baca Juga:  DP3A Bolmong Akan Usut Dugaan Eksploitasi Anak Di Panti Asuhan Amazia

Selain itu ia mengatakan Bolmong juga saat ini sedang gencar menuntaskan pembangunan infrastruktur yang bertujuan menurunkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Terutama di bidang pertanian, infrastruktur disektor pariwisata yang terus dioptimalkan agar lebih selaras dengan RPJMN 2020-2024. (David)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
195 votes

This will close in 10 seconds