Job Fair 2019 Bisa Tekan Angka Pengangguran di Sulut

SULUT,Manadonews.co.id-.Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah (Dinas Nakertrans) kembali menggelar Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) 2019.

Sebanyak 50 Perusahaan ikut serta dalam pameran kesempatan kerja dengan total lowongan pekerjaan yang tersedia yakni 2.500 lowongan terbanyak dari Sektor Perbankan dan Industri.

Kegiatan ini juga diikuti Disnakertrans dari 15 kabupaten/kota bertujuan, untuk memfasilitasi para pencari kerja mendapat pekerjaan yang sesuai kriteria  bidangnya dengan sasaran pencari kerja usia produktif.

Bagi peminat bisa langsung melakukan pendaftaran secara online dan online pada bidang atau perusahaan yang diminati.

Kegiatan yang berlangsung dikawasan IT Center Manado 6-7 Agustus 2019, dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangun Ruddy Mokoginta.

Kegiatan Ini diharapkan dapat memberikan efek dengan menekan angka pengangguran yang masih tergolong tinggi di daerah Ini.

Disnakertrans juga mengelar kegiatan Serupa sebagai lanjutan juga kembali akan digelar di Hotel Sahid Kawanua Manado 8-9 Agustus mengantisipasi melonjaknya para pencari kerja didaerah ini.

Upaya ini dinilai sangat strategis untuk mengentaskan kemiskinan melalui program OD-SK.

Baca Juga:  Ditengah Pandemi COVID-19, Gubernur Olly Minta Warga Manfaatkan Lahan

Perusahaan yang mengikuti pameran kali ini, dalam perekrutan tenaga kerja harus sesuai formasi yang ada dan tenaga lokal yang harus diakomodir sesuai lowongan yang ada.

Sementara menurut Kadis Nakertransda Provinsi Sulawesi Utara Ir Erny Tumundo mengatakan Job Fair Ini bertujuan untuk membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Job Fair ini untuk mengetahui kualitas pencari kerja dan membantu mengurangi angka pengangguran di Sulut.

“Pameran kesempatan kerja ini bertujuan untuk membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan,” ujarnya.

“Ini juga untuk mengetahui kualitas pencari kerja dan membantu mengurangi angka pengangguran di Sulut,” kata Tumundo.

Menurut Tumundo, para pencari kerja bisa memanfaatkan peluang dalam bursa tenaga kerja ini secara maksimal.

“Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun bisa bersinergi agar angkatan kerja di Sulut dan diharapkan dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidang pengetahuan dan ketrampilannya,” pungkas Tumundo.

Kegiatan Job Fair ini disambut positif para pencari kerja seperti Vivi dan Yunita.

Baca Juga:  Tekan Angka Kriminal, Gubernur Olly Ajak Polda Sulut Razia Warung Penjual Miras

“Kegiatan Job Fair 2019 yang diselenggarakan Disnakertransda  provinsi Sulawesi Utara sangat positif, karena membuka kesempatan bagi kami para pencari kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan,” ujar Vivi.
(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
415 votes

This will close in 10 seconds