Program KIA Minsel Belum Maksimal

MINSEL, MANADONEWS – Kewajiban kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Minahasa Selatan belum terealisasi secara maksimal.

Dari sekitar 60 ribuan anak di Minsel yang wajib memiliki KIA, baru 20 persen anak dari jumlah tersebut yang telah memiliki KIA.

Belum maksimalnya program yang menjadi program dari pemerintah pusat itu diakui langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Minsel Corneles Mononimbar.

“Untuk penyaluran KIA memang belum maksimal. Baru 20 persen dari sekitar 60 ribuan anak yang memiliki KIA,” ujar Kadis Dukcapil Minsel Corneles Mononimbar, Jumat (9/8).

Diketahui dengan adanya KIA sangat banyak kegunaannya. Untuk kepemilikan KIA sendiri yakni anak yang berumur 1 hingga 16 tahun.

“KIA banyak kegunaan, selain ada perlindungan hukum bagi anak dengan memiliki identitas. KIA juga memiliki manfaat seperti untuk melakukan pendaftaran tingkat sekolah serta mendapatkan diskon di sejumlah tempat pembelian buku dan peralatan sekolah,” tambahnya.

Dia menambahkan pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi terkait pembuatan KIA.

“Sosialisasi sudah sering namun itu masih kurang efektif dan memang perlu ada kesadaran masyarakat khususnya para orangtua agar bisa membantu mendorong anak-anaknya membuat KIA,” tutur Mononimbar.

Baca Juga:  Jokowi; Harus Mulai Berpikir Konversi ke Energi Terbarukan

Untuk pembuatan KIA sendiri tidak sulit. Caranya dengan datang ke Dinas Dukcapil membawa KK maka akan langsung dicetak blangko KIA.

(DArK)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
463 votes

This will close in 10 seconds