107 Napi Anak Terima Remisi, 4 Orang Langsung Bebas

TOMOHON, MANADONEWS – Wali Kota Tomohon Jimmy Eman menjadi inspektur upacara dalam upacara pemberian remisi, Sabtu (17/8) di Lapas wanita dan anak Tomohon.

Pada kesempatan itu, wali kota menyerahkan SK remisi. Pemberian diberi secara simbolis kepada empat orang. Wali kota ditemani Kepala Lapas Tjahja Rediantana, BC.IP, SH, MH. Eman juga membacakan sambutan menteri hukum dan HAM Yasona Laoly.

Dalam sambutan tertulisnya, Menteri Hukum dan HAM mengingatkan bahwa pemberian remisi seharusnya tidak dimaknai sebatas pemberian hak warga pemasyarakatan. “Ini merupakan apresiasi bagi yang berhasil menunjukan perilaku baik, meningkatkan kuailtas dan kompetensi diri untuk hidup mandiri dalam mengembangan ekonomi nasional saat kembali ke masyarakat,” katanya.

Bagi penerima remisi umum, khususnya remisi bebas dia berharap bisa taat dan patuh pada hukum dan norma saat kembali ke masyarakat. “Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan menjalani hidup di masyarakat. Jadilah insan taat hukum dan berbudi luhur, bermakna dan berguna dalam hidup dan kehidupan,” katanya.

Baca Juga:  OD-SK Syukuri 1 Tahun Pimpin Sulut, Sejumlah Tokoh Nasional Turut Hadir

Diketahui, sebanyak 107 napi anak mendapatkan remisi hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI). Untuk Data LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak), Remisi Umum I ada 103 orang. Untuk Remisi Umum II (Langsung Bebas) 4 orang. “Isi lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) Tomohon ada 150 orang. Anak didik lapas (andikpas)/warga binaan kemasyarakatan (WBP) 124 orang,” kata Kasubsie Registrasi Jonie Pio.

Ia mengatakan untuk tahanan di lapas itu ada 26 orang. Disetujui untuk remisi 107 orang. “Anak didik PAS RU 1 ada 26 orang. RU II ada dua orang. Untuk WBP (pemuda/dewasa) RU 1 ada 77 orang dan RU II 2 orang,” katanya.

“Yang masih proses sembilan orang. Tidak memenuhi syarat 34 orang dengan tahanan 26 orang dan belum menjalani tiga bulan bagi anak dan enam bukan bagi dewasa delapan orang,” tukasnya.

Untuk Data LPP (Lembaga Pemasyarakaran Perempuan), Remisi Umum I ada 29 wbp (Warga Binaan Pemasyarakatan) dan Remisi Umum II (Langsung Bebas) satu WBP.

(Youngky)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
675 votes

This will close in 10 seconds