Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Ke-74 RI di Kabupaten Bolmong

BOLMONG MANADONEWS,-Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, berbagai rangkaian kegiatan pun digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ini, dimeriahkan dengan berbagai lomba yakni lomba Adiwiyata, lomba PBB dan sebagainya yang diselenggarakan Pemkab Bolmong.

Rangkaian kegiatan ini juga diawali dengan jalan sehat dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Bolmong.

Kemudian Kamis, (15/8/2019) Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow mengukuhkan kelompok Paskibraka.

Saat itu pasukan pengibar bendera pusaka diambil sumpah lalu dikukuhkan oleh Bupati.

Pada Jumat, (15/8/2019) Pemkab Bolmong bersama dengan DPRD mendengarkan Pidato Kenegaraan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo di Gedung DPRD Bolaang Mongondow.

Puncaknya, Sabtu (17/8/2019)  Pemkab Bolmong menggelar Upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 74 yang dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Bolaang Mongondow.

Dimana saat itu, Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, bertindak sebagai Inspektur Upacara, (Irup)

Dan Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling, bertindak sebagai pembaca Teks Proklamasi.

Baca Juga:  Walikota Tatong : UDK Berkat Bakti Yasti

Sore harinya sekira Pukul 17.00 WITA, dilaksanakannya upacara penurunan bendera Merah Putih oleh Paskibraka Bolmong.

Dimana saat itu, Wakil Bupati Bolaang Mongondow, Yanny Ronny Tuuk, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Di akhir kegiatan, Pemkab Bolmong menggelar malam resepsi kenegaraan.

Kegiatan ini dilaksanakan tepatnya di Rumah Dinas Bupati Bolaang Mongondow.

Diketahui Tahun ini, Pemerintah Mengangkat Tema “SDM Unggul, Indonesia Maju” dimana berdasarkan tema tersebut, difokuskan untuk pembentukan Sumber Daya Manusia atau dalam istilah falsafah “Memanusiakan Manusia”.

Menurut Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti soepredjo Mokoagow,  makna serta esensi dari peringatan Hari Kemerdekaan ini merupakan suatu wujud rasa syukur kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah, rahmat dan karunia-Nya, yang meridhoi semangat perjuangan pergerakan para pendiri bangsa ini dalam melawan penjajahan.

Sehingga pada tanggal 17 agustus 1945 bangsa indonesia dapat mewujudkan kemerdekaannya.

Dijelaskannya, Kemerdekaan yang diperoleh dan dirasakan saat ini, adalah buah perjuangan panjang dari para pendahulu dan pahlawan bangsa, yang dalam prosesnya sarat diwarnai dengan cucuran keringat, kehilangan harta benda, linangan air mata, bahkan tetesan darah.

Baca Juga:  Tatong Lepas 115 CJH Kotamobagu

“Untuk itulah sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai generasi penerus bangsa indonesia, untuk terus mengisi kemerdekaan dengan upaya-upaya konstruktif dan inovatif di segala bidang pembangunan, guna memperoleh capaian‑capaian progresif demi kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat kabupaten bolaang mongondow,” ungkapnya. (Adve)