Tim Dokter Jantung RSUP Kandou dan RS Harkit Jakarta Kolaborasi Gelar Operasi CABG

SULUT,Manadonews.co.id-.RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado berkolaborasi dengan tim bedah jantung RS Harapan Kita Jakarta selama dua hari, yakni 23-24 Agustus 2019 melakukan Operasi Bedah Jantung terbuka CABG.

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 3 Pasien dan digelar di Gedung Cardio Vascular and Brain Center RSUP Kandou Manado.

Operasi Bedah Jantung terbuka CABG atau Coronary Artery Bypass Graft, yaitu operasi untuk mengobati penyakit jantung coroner yang dilakukan khusus bagi mereka yang mengalami penyumbatan atau penyempitan arteri serius.

Dalam operasi jantung tersebut, dibuat saluran baru untuk mengatasi pembuluh darah yang mengalami penyempitan atan penyumbatan.

Adapun Tim Dokter bedah Jantung CABG yang akan menangani tindakan ini adalah Dr.dr.Dudy A. Hanafy, Sp.BTKV (K) MARS dari RS Harapan Kita Jakarta sebagai Ketua Tim Bersama Tim bedah profesional lainnya antara lainDr.dr.Cindy Elfira Boom, Sp.An. KAKV, 2.dr. Adrian Tangkilisan, Sp.B, Sp.BTKV. 3. dr. Wega Sukanto, Sp.An.KAKV, akan melakukan tindakan operasi jantung terbuka.

Dan ini sudah beberapa kali dilakukan di RSUP Kandou Manado, yang didukung sepenuhnya olehnya Manajemen Rumah Sakit Kandou dan RS harapan Kita Jakarta.

Baca Juga:  Bupati SWM Serahkan Piagam Pemenang Lomba dan Lunas PBB Tercepat

Dr.dr.Dudy A. Hanafy, Sp.BTKV (K) MARS mengatakan, bahwa untuk persiapan yang dilakukan dalam tindakan operasi ini sudah lengkap.

“Dimana pasien sudah berada di ruang operasi, dan sudah dilakukan langkah- langkah persiapan selama kurang lebih satu setengah jam dan setelah pasien sudah siap baru tim dokter akan memulai dengan tindakan operasi,” ujarnya.

Diketahui, hari ini akan melakukan tindakan operasi CABG kepada dua orang pasien dan yang satunya lagi akan dilakukan pada besok hari.

“Bedah pintas arteri coroner itu, adalah operasi yang dilakukan dengan membela dinding dada tengah, dan diambil pembuluh darah dari tungkai bawah, yang akan dicangkok ke jantung untuk membuat jalan baru agar aliran darah ke jantung semakin lancar,” lanjutnya.

Operasi yang akan dilakukan oleh Tim bedah Jantung adalah yang pertama adalah bedah pintas Arteri Coroner atau dikenal dengan CABG atau Coronary Artery Bypass Graft.

Sedangkan yang kedua adalah Penggantian Katup Aorta atau dikenal dengan Aortic Valve Repair sedang untuk operasi dan yang ketiga adalah Mitral Valve Repair/Replacement (MVR) yakni pergantian atau perbaikan katup mitral. Pungkas Dokter Spesialis Jantung Lulusan dari Jerman ini.
(Ben)

Baca Juga:  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Hadiri Rakornas PKK Tahun 2019 di Jakarta
Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
35 votes

This will close in 10 seconds