Rawung Tegaskan Akte Kelahiran Salah Satu Hak Asasi Anak Yang Harus Dipenuhi

BITUNG,MANADONEWS.co.id- Kepemilikan akte kelahiran bagi anak merupakan salah satu hak azasi bagi seorang anak yang harus dipenuhi oleh pemerintah.Hal ini ditegaskan oleh Ketua TP. PKK kota Bitung Dra. Khouni Lomban Rawung M.Si saat menghadiri kegiatan pemeriksaan Sadanis, IVA tes penyerahan Akte kelahiran dan KIA dalam rangka hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke -67 tahun 2019 bertempat di BPU kantor Walikota Bitung, Senin (26/8/2019).

Dalam sambutannya Rawung mengapresiasi kegiatan yang diprakargsai oleh Bhayangkari kota Bitung, sebab dia menilai hal ini memiliki nilai positif dan sangat bermanfaat khususnya untuk kaum perempuan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari Bhayangkari kota Bitung terhadap kesehatan masyarakat kota Bitung khususnya kaum perempuan dan anak,” ujar Rawung yang juga sebagai ketua Gabungan Organisasi Wanita (GWO).

Rawung menegaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan implementasi pengakuan hak anak, sebab kepemilikan akte kelahiran yang merupakan salah satu hak dasar anak yakni hak sipil dan identitas.

“Pada dasarnya setiap anak wajib mendapatkan akte kelahiran dan berhak mendapatkan Kartu Identitas Anak.”ujar ketua TP-PKK Kota Bitung Duta Yaki Indonesia sambil menambahkan sangat mengapresiasi
pihak Bhayangkari Polres Kota Bitung yang telah menggagas kegiatan ini.

Baca Juga:  Bitung Bakal Miliki PLTG

Senada, ketua Bhayangkari kota Bitung Ny Jein Stevanus Tamuntuan mengatakan terlaksananya kegiatan ini tidak lepas dari kerja sama antara Bhayangkari kota Bitung bersama TP PKK Kota Bitung dan Pemkot Bitung melalui Dinas kesehatan.

“Tujuannya untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman terkait pencegahan penyakit yang menjadi momok bagi kaum hawa dan melakukan pola hidup sehat serta mengkonsumsi makan bergizi,” ujarnya sembari menjelaskan semua pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan penyerahan akte serta KIA sama sekali tidak dipungut biaya.

Turut hadir, Wakil ketua Bhayangkari cabang kota Bitung Ny. Kadek Adi Saptia beserta pengurus, Ketua Jalasenastri kota Bitung Ny. Anggi Nandang Permana beserta pengurus, perwakilan pengurus PERSIT KCK cabang LXII kodim 1310/Bitung, DWP kota Bitung dr. Rini Pangemanan Tinangon, Kepala dinas Kesehatan, Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil, pengurus dan anggota TP. PKK kota Bitung, PJU Polres kota Bitung beserta istri.(nando)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
520 votes

This will close in 10 seconds