Miliki Puluhan Dokter Spesialis Andal, RSUD Datoe Binangkang Juga Ada Fasilitas Ini

BOLMONG,MANADONEWS,-Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Tak heran berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow untuk terus meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan.

Keseriusan pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow ini dapat dilihat dari Pembanguanan gedung rumah sakit dan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana serta penyediaan tenaga medis.

Hal ini merupakan suatu wujud nyata dari komitment Pemda, dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang ini juga merupakan rumah sakit tertua di Bolmong raya, yang belum lama ini bermigrasi ke Desa Lolak II, Kecamatan Lolak.

Seiring berjalanya waktu rumah sakit ini, terus berkembang dan terus memaksimalkan tenaga medis.

Di rumah sakit ini, terdapat puluhan dokter spesialis yang handal dalam melakukan penanganan terhadap pasien.

Rumah sakit yang pernah berdomisili di Kotamobagu ini pun di akui oleh Direktur Utama RSUD Datoe Binangkang dr. Erman Paputungan adalah rumah sakit yang memiliki 20 dokter spesialis yang telah teruji.

“Rumah sakit ini memiliki dokter spesialis saraf, spesialis kulit, spesialis andrologi, spesialis mata, spesialis jantung, spesialis THT (telinga hidung dan tenggorokan read), spesialis penyakit dalam, kandungan, bedah, dan anak,” ungkapnya

Baca Juga:  Meriahkan HUT Bolmong Ke 65, Dinas Pariwisata Adakan Berbagai Lomba

Selain itu juga Erman mengatakan, RSUD Datoe Binangkang juga menyediakan dokter klinik.

“Dokter yang ada di rumah sakit ini telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Erman.

Tak hanya itu, RSUD Datoe Binangkang ini pun memiliki keunggulan fasilitas yang tak kalah hebatnya dengan rumah sakit lainya.

Menurut Erman RSUD Datoe Binangkang kini telah memiliki Fasilitas Echocardiohrafy.

“Dengan adanya Fasilitas Echocardiohrafy ini, masyarakat yang  memiliki masalah pada kesehatan jantung, tidak perlu jauh jauh lagi keluar daerah karena di Rumah sakit ini telah menyediakan fasilitasnya serta dokter spesialis jantung,” ungkapnya.

Erman menjelaskan Echocardiohrafy adalah Salah satu alat pemeriksaan penunjang sederhana yang digunakan untuk mendeteksi dini adanya penyakit gagal jantung.

Alat ini merupakan alat pemeriksaan dengan akurasi tinggi untuk menilai kelainan struktur dan fungsi jantung.

“Nama lain Echocardiography adalah USG Jantung. Pemeriksaan melalui alat ini bermanfaat melihat kelainan jantung seperti kelainan jantung bawaan (congenital), penyakit jantung katup, pembengkakan otot jantung (dilated cardiomypathy), dan penebalan otot jantung (hiperthrophy cardiomypathy) yang disebabkan hipertensi dan kelainan otot jantung bawaan,” jelasnya.

Baca Juga:  KKP RI Realisasikan Pinjaman Modal Usaha Bagi Pokdakan di Bolmomg

Erman mengatakan sejauh ini tidak ada kendala dengan dokter spesialis.

Bahkan dia menjamin, kehadiran tenaga medis yang memerlukan penanganan cepat, akan dapat teratasi dengan baik.

Karena ia mengatakan, Dokter spesialis di RSUD Datoe Binangkang selalu ada dan telah di bagi jadwal dalam seminggu tiga hari (pelayanan).

“RSUD Datoe Binangkang siang tadi kedatangan tim dari Kementerian Kesehatan RI. Kedatangan mereka adalah untuk melakukan bimbingan akreditasi tahap satu dan bimbingan ini merupakan langkah awal untuk menuju penilaian akreditasi, sebelum ada survei,” jelas Paputungan

“Target kita adalah tahun ini. Dengan adanya akreditasi secara otomatis, mutu pelayanan akan meningkat pesat, meski saat ini RSUD Datoe Binangkang sudah terakreditasi C,” terangnya.

Erman menambahkan, yang menjadi pokok utama dalam penilaian adalah pimpinan rumah sakit harus berstatus dokter atau tenaga medis.

“Syarat tersebut sudah terpenuhi,” tuturnya. (Adve)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
887 votes

This will close in 10 seconds