Dinas Koperasi UKM Sulut Sosialisasi di Bolmong Terkait Pendirian Koperasi

BOLMONG,MANADONEWS,-Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Provinsi Sulawesi Utara Bersama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Koperasi dan UKM Bolmong terus membangkitkan kembali semangat koperasi.

Hal ini dibuktikan dengan kegiatan-kegiatan sosialisasi yang terus dilakukan oleh pemerintah Sulawesi Utara maupun Pemkab Bolmong.

Kegiatan penyuluhan Dinas Koperasi dan UKM ini dilaksanakan di desa lalow kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong, Senin (14/10/2019).

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh
Kadis Koperasi Bolmong, Ofir Ratu, kasie penyuluhan koperasi UKM provinsi sulut, Ir Rita Cacombo, Tim Dinas Koperasi Bidang Kelembagaan, Yeni Dopong, Pendamping LPMUKP Kementrian Kelautan dan Perikanan, Clift D. Roho, Direktur PT Rajawali  Sinar Bolmong Muh Tarom, dan calon-calon anggota koperasi.

Dalam kegiatan tersebut, Kasie Koperasi Ir Rita cacombo memberikan penyuluhan terkait pembentukan koperasi.

Rita juga mengajak kepada calon koperasi untuk mengelolah koperasi secara baik dan sesuai aturan yang ada.

“Ketika kita mengelolah koperasi secara baik, sesuai aturan yang ada, kita juga yang nantinya akan merasakan manfaat dari koperasi itu sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bupati Yasti Tegaskan,Penyerahan Dokumen ke BPK Jangan di Tunda-Tunda

Rita mengungkapkan tujuan dari koperasi adalah untuk mensejahterahkan anggotanya, bukan pengurus, bukan pengawas, tetapi untuk mensejahterahkan semua anggota koperasi.

Sementara itu, Dinas koperasi bidang kelembagaan Yeni Dopong mengatakan, dalam pemberian nama koperasi tidak boleh ada nama koperasi yang sama.

Lanjutnya, setelah memberikan nama haruslah melakukan pemilihan pengurus.

“Lokasi berdomisilinya harus ada keterangan dari pemerintah setempat,” terangnya.

Yeni menjelaskan segala sesuatu yang dilakukan pengurus harus dipertanggungjawabkan dihadapan anggota, dan ketika persyaratan berkasnya sudah selesai maka dapat dibawah ke dinas kooperasi Provinsi.

“Koperasi ini memerlukan modal, modal ini didapat dari simpanan pokok dan simpanan wajib, koperasi juga harus menyiapkan 16 buku koperasi, salah satunya buku daftar anggota kooperasi dengan memberikan stempel cap ibu jari,” katanya.

Pendamping LPMUKP Kementrian Kelautan dan Perikanan, Clift D. Roho, mengungkapkan, hadirnya Koperasi Sinar Bintang Timur untuk membantu masyarakat kecil yang ada di Bolaang Mongondow.

Diakhir acara tersebut, Direktur Rajawali sinar Bolmong Muh Tarom menyampaikan terimakasih kepada semua yang telah menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut. (David)

Baca Juga:  Wagub Kandouw Pantau Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *