Pemkot Tomohon Terima DIPA Tahun Anggaran 2020

TOMOHON, MANADONEWS – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020 Daftar Alokasi Transfer Daerah dan Dana Desa kepada pemerintah daeeah, Senin (25/11).

Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon salah satunya. DIPA diterima Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold Lolowang mewakili Wali Kota Jimmy Feidie Eman di Hotel Peninsula, Manado.

Gubernur Olly dalam sambutannya, DIPA diserahkan Presiden Jokowi lebih cepat dari tahun sebelumnya dengan tujuan mentriger pertumbuhan ekonomi. Di mana pada awal Januari dana sudah dapat dicairkan.

“DIPA 2020 dapat menjadi stimulus yang mendorong pertumbuhan yang berkualitas. Serta berkelanjutan dan melanjutkan pembangunan fisik dari sisi fisik dan non fisik yang bermuara pada perkembangan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Gubernur juga mengingatkan terkait pentingnya membayar pajak. Gubernur juga mengatakan, perlu ditingkatkan kualitas perencanaan anggaran. “Perlu pembenaan sistem tata kelola administrasi yang menghabiskan waktu. Proses pengadaan barang dan jasa perlu percepatan sesegera mungkin, akselerasi pelaksanaan program baik dikontrakan pada pihak ke-3 ataupun swakelola. Efisiensi belanja operasional dengan memperbesar belanja modal yang langsung dirasakan manfaatnya, penggunaan dana desa dengan penggunaan bahan baku lokal,”

Baca Juga:  Dijemput Gubernur Sulut, Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri Tiba di Manado

“Penghujung akhir tahun inflasi Sulut berada dibawah Inflasi nasional kepada kepala daerah untuk menjaga inflasi pada akhir tahun. Menjaga stabilitas harga khususnya Bawang, Rica, Tomat yang merupakan komoditi utama dimana selalu digunakan oleh masyarakat pada umumnya,”

“Presiden dan Wakil Presiden mendukung Sulut dalam pembangunan khususnya Pariwisata,”

Kesempatan ini juga Pemkot Tomohon menerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan selama enam kali berturut-turut dengan opini WTP.

Tampak hadir Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Forkopimda Sulawesi Utara, serta Bupati/Walikota se Sulut dan para penerima DIPA 2020. (Youngky)