18 Puskesmas di Bolmong, Sudah Terakreditasi 6 Rawat Inap 4 Rawat Jalan

BOLMONG,MANADONEWS,-Puskesmas merupakan unit layanan kesehatan primer yang lebih mengutamakan upaya pencegahan penyakit dan promosi kesehatan daripada pengobatan dan rehabilitasi penyakit.

Di Puskesmas sendiri memiliki program-program utama yang lebih fokus pada kesehatan perseorangan dan masyarakat di daerah yakni berupa program seperti pos pelayanan terpadu (posyandu), Puskesmas keliling serta pelatihan kader yang bertujuan untuk pencegahan dan menanggulangi masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

Selama ini masih saja ada masyarakat yang memandang sebelah mata tentang pelayanan Puskesmas, oleh karena terbatasnya tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan di Puskesmas.

Oleh karena itu, pemerintah melakukan usaha peningkatan mutu di Puskesmas, salah satunya ialah dengan dilakukannya akreditasi.

Akreditasi Puskesmas ialah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas. Akreditasi penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan pasien.

Berdasarkan data yang ada, dari 18 Puskesmas yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow, beberapa diantaranya sudah terakreditasi.

“”Dari 18 Puskesmas di Bolmong, 6 berstatus rawat inap, dan 12 rawat jalan. Sementara yang sudah terakreditasi ada 6 rawat inap dan 4 rawat jalan,” ,” ungkap Sekretaris dinas Julin Papuling,SKM saat di temui diruang kerjanya, Selasa, (3/12/2019).

Baca Juga:  Gonibala: Tidak Ada KTP WNA di Bolmong, Jika Ada Itu Pemalsuan

Menurut Julin, kesepuluh puskesmas yang telah memiliki akreditasi tersebut adalah, Puskesmas Poigar, Tadoy, Inobonto, Komangaan, Lolak, Maelang, Pangian, Imandi, Doloduo, dan Mopuya. (David)