Musim Mudik Nataru 2019/2020, Jumlah Penumpang Meningkat

MANADO,Manadonews.co.id-Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 resmi ditutup dalam apel penutupan posko yang digelar pada Senin (06/01/2020) di area lobby Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Jumlah personil yang dilibatkan berjumlah 95 personel gabungan terdiri dari berbagai instansi yakni PT Angkasa Pura I (Persero), Dinas Perhubungan Sulawesi Utara, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Airnav Indonesia, TNI AU Manado, TNI AL Manado, Polsek Kawasan Bandara, BASARNAS, BMKG Dan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang setiap harinya secara bergantian terbagi dalam shift terlibat dalam kegiatan Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru kali ini.

Posko Terpadu ini diselenggarakan sebagai pusat informasi terpadu, layanan kesehatan dan penunjang fasilitas lainnya bagi calon penumpang Bandara Sam Ratulangi Manado, adapun selama 19 hari pelaksaaan Posko telah berlangsung aman, lancar dan kondusif.

“Pemantauan, pengendalian dan evaluasi telah dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang tidak lepas dari Standard Operasional Prosedur (SOP) masing-masing stakeholder. Tentunya apresiasi setinggi-tingginya untuk semua pihak terkait yang sudah memberikan waktu dan tenaga mereka demi menunjang pelayanan udara yang prima dalam periode Posko Nataru kali ini, terlebih untuk kerja sama dan sinergi yang sudah terjalin sangat baik,” ungkap Minggus Gandeguai selaku General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Baca Juga:  Dalam Waktu Dekat BPK RI Akan Melaksanakan Pra Audit Atas LKPD 2017

Antusiasme warga Sulut untuk berpergian menggunakan transportasi udara di musim mudik Natal dan Tahun Baru 2019/2020 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode posko tahun sebelumnya.

Tercatat pergerakan penumpang mulai tanggal 19 desember 2019 hingga prediksi penerbangan terakhir pada tanggal 6 januari 2020 atau selama 19 hari periode posko mengalami peningkatan sebesar 4% dengan total sekitar 134 ribu penumpang.

Sedangkan pergerakan pesawat tidak mengalami kenaikan dengan total 1.237 dan kenaikan jumlah pergerakan juga terjadi pada lalu lintas udara pada kargo yakni naik 6% atau setara 789 ton dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun rata-rata per hari pergerakan penumpang sejumlah 7.047 pax, pergerakan pesawat sejumlah 65, dan kargo sejumlah 41 ton.
(Ben)

Tags: