Hadiri Rakornas, Sumendap Ingatkan Pentingnya Kerja Sama Semua Pihak Cegah Bencana

Bogor, ManadoNews.co.id – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) penaggulangan bencana tahun 2020, yang dipusatkan di Sentul International Convention Center Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Bupati James Sumendap menjelaskan, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat membuka kegiatan, meminta kepala daerah segera menyusun rencana kontigensi, serta penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang betul-betul dapat dilaksanakan semua pihak, sehingga dapat menangani bencana secara tuntas.

“Penanganan bencana harus dilakukan dengan pendekatan kolaboratif. Unsur pemerintah, akademisi, peneliti, masyarakat, dan media massa harus dilibatkan,” jelas Sumendap melalui Jubir Pemkab Arnold Mokosolang, mengutip sambutan presiden.

Selain itu lanjut Mokosolang, ada beberapa point penting yang harus diperhatikan menyikapi ancaman bencana. Diantaranya, adanya sinergitas seluruh instansi pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah dalam upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan.

“Pemerintah daerah juga diminta melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana, sigap terhadap potensi ancaman bahaya sesuai dengan karakteristik wilayah, serta melakukan pengembangan sumber daya manusia yang handal dalam penanggulangan bencana. Hal-hal ini tentu akan kita tindaklanjuti di Kabupaten Mitra sebagai upaya pencegahan bencana,” tukas Arnold

Baca Juga:  Jokowi Teken Keppres Ezra Walian Jadi WNI

(Dmfm)