Pemprov Sulut Fasilitasi Pemulangan 8 Korban Trafficking di Gorontalo

SULUT,Manadonews.co.id-.Pemerintah Provinsi Sulut langsung bergerak cepat terkait penanganan korban perdagangan manusia dengan menjemput para korban dari Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.

Dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (DP3A), Mieke Pangkong, bahwa hal ini atas koordinasi serta kerjasama yang baik antara Pemprov Sulut dan Pemprov Gorontalo sehingga ketujuh korban bisa tiba di Manado dengan selamat.

“Sebenarnya kesemuanya berjumlah delapan orang. Namun yang satunya masih sementara dirawat di RS Pohuwato karena jatuh sakit. Nantinya setelah sembuh baru akan dijemput kembali,” ungkap Mieke Pangkong, Kamis 27 (2/2020).

“Dan puji Tuhan proses penjemputan berjalan lancar, sehingga mereka (para Korban) bisa tiba disini setelah sehari sebelumnya dilakukan acara serah terima dari Polres Pohuwato dan Pemprov Gorontalo,” jelasnya.

Ditambahkan para korban saat ini sementara masih berada di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) untuk menjalani Pembinaan.

“Sesuai standar pelayanan nantinya disana mereka akan mendapatkan edukasi serta lendampingan dari Psikolog dan Rohaniawan,” katanya.

Menurutnya setelah ada langkah mediasi dengan keluarga barulah kedelapan korban akan dikembalikan ke keluarga masing-masing.

Baca Juga:  Dua Hal Ini Disampaikan Gubernur Olly saat Musrenbang Online

“Yang pasti Pemprov Sulut menangani para korban sudah sebagaimana mestinya,” tutupnya.
(***/stvn)