Dewan Bolsel Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Pasca sukses melaksanakan reses pada tanggal 3 – 4 Maret lalu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar rapat paripurna penyampaian laporan hasil Reses masa sidang I tahun 2020.

Rapat paripurna dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Bolsel, Arifin Olii didampingi oleh Wakil Ketua II Dra. Martina S Badu  bertempat di ruang paripurna DPRD, Rabu, 11 Maret 2020.

Pada kesempatan itu, Arifin menyampaikan tujuan rapat paripurna yakni untuk merangkum semua hasil aspirasi oleh masyarakat yang ada di 3 wilayah daerah pemilihan (Dapil) beberapa waktu lalu.

“Keseluruhan aspirasi yang disampaikan masyarakat akan kita jadikan pokok-pokok pikiran dalam pembahasan program pembangunan di tahun 2021 nanti kepada Pemerintah Daerah,” tukas Olii.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan semacam ini peran DPRD sebagai fungsi pengawasan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai penyalur aspirasi dan juga kapasitasnya sebagai wakil rakyat.

“Karena disadari atau tidak anggota DPRD adalah merupakan bagian dari masyarakat yang tidak bisa dipisahkan, untuk itu harapan masyarakat dapat berkesinambungan secara nyata,” jelasnya.

Baca Juga:  Diduga Konsumsi Narkoba, Aleg Bolsel Dibekuk Aparat

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bolsel melalui Asisten II Mohamad Suja Alamri  menyebutkan, penggalian Pokir merupakan salah satu  perwujudan atas  kewajiban DPRD sebagai representasi rakyat.

“Selain itu, tentunya ini akan menjembatani aspirasi atau keinginan masyarakat terhadap keselarasan pembangunan antara masyarakat dan pemerintah daerah sebagaimana amanat pasal 161 UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah untuk melakukan  kunjungan berkala dalam rangka menyerap aspirasi rakyat,” ujarnya.

Melalui kesempatan itu, dirinya mengimbau kepada seluruh pimpinan OPD dilingkup Pemda Bolsel, agar dapat mengakomodir Pokok-pokok pikiran dalam Musrembang tingkat kabupaten.

“Laporan ini harus menjadi referensi pada penyusun draft awal RKPD Kabupaten Bolsel, sehingga akan tersusunnya APBD Bolsel yang lebih proporsional, akuntabilitas, bertanggung jawab dan tentunya tepat sasaran,” lanjut Alamri.

Berkaitan dengan hal tersebut, 3 perwakilan anggota DPRD membacakan laporan hasil penjaringan aspirasi di tiap-tiap Dapil yang dimulai dari Dapil I diwakili oleh Ketua Komisi III, Abdul Razak Bunsal, Dapil II oleh Zulkarnain Kamaru dan Dapil III diwakili oleh Supatia Kobandaha.

Baca Juga:  Welly Titah Minta Tim Pemenang Tidak Saling Fitnah

Diketahui, meski hanya dihadiri 14 anggota DPRD, namun rapat dinyatakan Quorum. Serta turut dihadiri oleh sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Bolsel.
(Adve)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1000 votes

This will close in 10 seconds