Polda Sulut Praktekan Cara Meracik Hand Sanitizer dan Disinfektan

  • Whatsapp

MANADO,Manadonews.co.id-.Makin langkahnya Hand Sanitizer dipasaran membuat harganya melonjak kali lipat, selain itu stoknya yang terbatas membuat apotik maupun mini market membatasi jumlah alkes yang dibeli.

Hal Ini membuat Kepolisian Daerah Sulut melalui Bidang Dokkes merasa terpanggil untuk membantu mengatasi kelangkaan Hand Sanitizer yang sejak beberapa hari belakangan sangat susah didapatkan

Bacaan Lainnya

Dengan mempraktekan cara pembuatan hand sanitizer dan desinfektan sendiri, Jumat (20/3/2020) di halaman Mapolda Sulut usai apel dan olah raga pagi.

Demo pembuatan hand sanitizer dan desinfektan tersebut dilakukan di saksikan Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa dan seluruh personil Polda.

Pembuatan cairan antiseptik untuk cegah penularan virus itu, dipandu langsung oleh Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr. Freddy Worang, J, MARS.

Kabid Dokkes dibantu anggotanya pun mempraktekan cara pembuatan kedua antiseptik tersebut, dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh di toko-toko, diantaranya alkohol 95 %, pelembab, hydrogen peroxide, pewangi, pemutih pakaian yang mengandung clorin, cairan pembersih lantai dan wadah botol.

Baca Juga:  Maksimalkan Pelayanan,200 Sekdes Bolmong Ikut Pelatihan

Dokter Freddy Worang menjelaskan, praktek pembuatan antiseptik ini dilakukan untuk menyiasati kosongnya handsanitizer dan desinfektan yang dijual di toko.

“Kita semua harus waspada. Mohon bantuan rekan-rekan sekalian apabila mengalami gejala panas, sesak napas, batuk dan pilek, tolong segera melapor ke rumah sakit terdekat, segera hubungi kontak 119 untuk perawatan, dan untuk konsultasi di RS Bhayangkara bisa hubungi dr. Marlon nomor kontak 081943440357, atau Dokkes dan Rumkit Bhayangkara,” terang Kabid.

Ia juga menyarankan semua orang untuk selalu rajin mencuci tangan setiap saat. “Kami Dokkes Polda Sulut garda terdepan untuk memerangi corona bersama tenaga medis lainnya,” ucap Kabid Dokkes.

Sementara itu menurut Kapolda, Irjen Pol Royke Lumowa terhitung mulai Jumat (20/3/2020), Polda Sulut telah melaksanakan Operasi Aman Nusa II dalam rangka rangka penanganan bencana virus covid-19.

“Polisi harus selalu siap siaga dan mereka harus sehat makanya SOP-nya dokter setiap hari terus melakukan pemeriksaan,” pungkas Kapolda.
(Ben)

Pos terkait