Hadang Virus Corona, Jalur Pendakian Gunung Soputan Ditutup Sementara

TOMPASO, MANADONEWS.CO.ID – Memperhatikan Keputusan Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring MSi IPU (ROR) Nomor 235 Tahun 2020 tentang Penetapan status siaga darurat penanganan bencana non alam corona virus di Kabupaten Minahasa, terhitung mulai Jumat (20/3), Pemerintah Kecamatan Tompaso Barat memberlakukan larangan pendakian ke Gunung Soputan.

Camat Tompaso Barat Stevri Pandey ST MAP, mengatakan kebijakan itu merupakan salah satu masukan masyarakat dan Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Tompaso Barat untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

“Banyak pendaki dari berbagai tempat memasuki wilayah Tompaso Barat. Jadi, untuk sementara pendakian ke gunung soputan ditutup untuk sementara,” kata Pandey, Sabtu (21/3).

Dikatakannya, pemberlakuan itu, dikarenakan sarana dan prasarana pemeriksaan kesehatan masih kurang.

“Kami sudah melayangkan surat kepada pemerintah desa yang biasanya dilalui untuk ke Gunung Soputan. Dan menginstruksikan jajaran pemerintah dan masyarakat desa setempat untul mengawal instruski ini. Bahkan kami mengimbau kepada masyarakat yang ingin mendaki ke gunung tersebut, untuk menahan diri dulu, sampai situasi dan kondisi sudah memungkinkan,” pintanya.

Baca Juga:  114 Negara Sudah Terjangkit, WHO Nyatakan COVID-19 Pandemi Global

Saat ini Pemerintah Kecamatan telah memasang papan peringatan ‘penutupan jalur pendakian’ dari semua pintu masuk yakni Desa Pinabetengan Utara, Pinabetengan, Pinabetengan Selatan, Tonsewer, Tonsewer Selatan, Touure dan Touure Dua,.

Yunita Rotikan