Ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2020, Ini Harapan JG-KWL Bagi Umat Hindu Di Minut

MINUT,MANADONEWS.co.id-Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Minut yang di usung PDI Perjuangan Joune Ganda, SE dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) menyampaikan ucapan selamat Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1492 yang jatuh pada Kamis(25/3/2020).

“Dalam moment berbahagia ini saya ingin menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat merayakan kebahagian bagi umat Hindu di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa Utara menyambut Dharma Santi menyambut tahun baru Saka 1940.”ujar Joune Ganda kepada media ini, Selasa (24/3/2020).

Menurut Joune Ganda, sesuai dengan penanggalan perayaan Nyepi tahun ini menjadi sangat istimewa bagi umat Hindu karena bertepatan dengan Hari Suci Saraswati yang diperingati sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan.

“Pada saat Nyepi umat Hindu diharapkan akan lebih banyak melakukan kontemplasi diri, mulatsarira, mengasah budi sebagai upaya pembersihan diri dan alam semesta.”katanya sembari menuturkan bahwa kesadaran tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi untuk mencapai kemuliaan hidup bukan hanya menjadi inspirasi bagi umat Hindu tetapi juga bagi bangsa, negara dan daerah yang kita cintai bersama.

Baca Juga:  Walikota Kotamobagu Menyerahkan Insentif Petugas Agama dan Guru Ngaji

Untuk itu ujar ketua Pengprov GABSI Sulut itu mengatakan sebagai Kabupaten di Sulut yang dianugerahi kekayaan sumberdaya alam dan manusia yang melimpah oleh sang Pencipta, tentunya hal ini adalah modal dan pondasi untul lebih besar dan maju sejajar dengan Kabupaten/Kota yang ada di Sulut.

Dia menambahkan, tantangan global mengharuskan umat Hindu di Minut agar semakin cerdas, semakin kreatif, semakin inovatif dalam merespons perubahan-perubahan yang ada.Hal ini membutuhkan mutu pendidikan yang berkualitas.

“Tantangan global mengharuskan umat Hindu untuk semakin cerdas, semakin kreatif, semakin inovatif dalam merespons perubahan-perubahan yang ada.
Perubahan yang terjadi adalah tantangan yang tidak bisa kita hindari dan harus dijawab dengan peningkatan kualitas serta peningkatan produktivitas.”tegasnya
sambil meyakini dengan mengambil inspirasi dari hari Suci Nyepi dan Saraswati, Umat Hindu menyambut kedatangan Tahun Baru Saka dengan semangat baru

Menurutnya, Pada momentum Hari Raya Nyepi tahun 2029 ini kata Joune, dia mengajak seluruh umat Hindu di manapun berada agar dapat mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan kemajuan, menyongsong revolusi industri keempat, serta menyambut inovasi teknologi yang berubah begitu sangat cepatnya.

Baca Juga:  ROR Ajak Jemaat Dapat Memaknai Jumat Agung dan Paskah

Pada prinsipnya ujar Joune, umat Hindu juga diminta untuk selalu memegang teguh ajaran wasudewa kutum bhakam, kita semua bersaudara. Yang menekankan arti penting persaudaraan yang sejati, karena kita semua berasal dari sumber yang sama yakni dari Tuhan Yang Maha Esa. Perayaan Hari Suci Nyepi juga memberikan inspirasi kepada kita semua untuk selalu menjaga keharmonisan hidup sebagai jalan menuju kebahagiaan.

“Selamat hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 pada seluruh umat Hindu di seluruh pelosok tanah air, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kedamaian dan kesejahteraan kepada kita semuanya.”tandas wakil ketua bidang ekonomi DPD PDI Perjuangan Sulut itu sambil menegaskan bahwa prbedaan juga bukan penghalang untuk hidup saling menghormati, saling membantu, saling tolong-menolong, dan membangun kabupaten Minahasa Utara dalam satu nuansa kebersamaan dan persatuan.(nando)