Example floating
Example floating
Berita UtamaNasionalPendidikanSulawesi Utara

Ujian Nasional 2020 Ditiadakan, VaSung : Keputusan Tepat Cegah Penyebaran Covid-19

×

Ujian Nasional 2020 Ditiadakan, VaSung : Keputusan Tepat Cegah Penyebaran Covid-19

Sebarkan artikel ini
Vanda Sarundajang

JAKARTA, MANADONEWS.CO.ID – Keputusan Presiden Joko Widodo yang meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2020 sebagai langkah kongkrit Pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia mendapat dukungan dan apresiasi dari Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan.

Melalui Press Release, Selasa (24/3), personil Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang (Vasung) menyatakan keputusan dipercepatnya penghapusan ujian nasional, yang sebelumnya disepakati mulai tahun 2021, tentu merupakan langkah yang tepat untuk meminimalisir penyebaran covid-19 dan melindungi siswa-siswi dari virus yang telah menjadi pandemi global itu.

MANTOS MANTOS

“Kemendikbud tentunya harus sesegera mungkin menerbitkan petunjuk teknis sebagai tindak lanjut keputusan tersebut termasuk kajian terhadap opsi pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pengganti UN,” tukas personil Fraksi PDI Perjuangan itu.

Dkatakannya, memang ada opsi bahwa pihak sekolah mampu maka dapat diselenggarakan USBN dalam jaringan (daring) atau secara online.

“Nah hal ini perlu diatur sesegera mungkin oleh Kemendikbud,” tegas Wakil Rakyat Dapil Sulut itu.

Seperti yang diberitakan sejumlah media jika USBN via daring tidak bisa dilakukan, maka muncul opsi terakhir yakni metode kelulusan akan dilakukan dengan menimbang nilai kumulatif siswa selama belajar di sekolah.

Untuk tingkat SMA dan SMP maka kelulusan siswa akan ditentukan melalui nilai kumulatif mereka selama tiga tahun belajar.

Pun juga untuk siswa SD, kelulusan akan ditentukan dari nilai kumulatif selama enam tahun mereka belajar.

(*)

Example 120x600